PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM FOOD AND BEVERAGE DI KOTA TANGERANG

Authors

  • Akbar Fanreza Universitas Media Nusantara Citra
  • Budi Santosa Kramadibrata Universitas Media Nusantara Citra

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurimbik.v2i3.290

Keywords:

Strategi Pemasaran, Inovasi Produk, Kinerja pemasaran

Abstract

Background: Meningkatnya kinerja pemasaran pada usaha mikro kecil menengah menjadi hal yang penting bagi dunia bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. Desain / metodologi / pendekatan: Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif kausal dengan jumlah 100 responden. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang berisi 17 pernyataan. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis korelasi, sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara strategi pemasaran dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran dengan nilai R-Square sebesar 0,652. Keterbatasan penelitian / implikasi: keterbatasan dalam pengambilan sampel penelitian ini hanya responden usaha mikro kecil menengah food and beverage di Kota Tangerang yang masih aktif. Masih ada variabel lain yang mempengaruhi kinerja pemasaran yang tidak di bahas di penelitian ini.

References

Aboelmaged, M. G. (2014). Predicting e-readiness at firm-level: An analysis of technological, organizational and environmental (TOE) effects on e-maintenance readiness in manufacturing firms. International Journal of Information Management, 34(5), 639–651. https://doi.org/10.1016/J.IJINFOMGT.2014.05.002

Andhy Winata, F., & Sugiarto, J. (2016). Pengaruh Kualitas Hubungan Dan Kemampuan Adaptasi Terhadap Lingkungan Yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing Dan Implikasinya Pada Kinerja Perusahaan (Studi Pada PT. Aga Pratama). Jurnal Bisnis Strategi (Vol. 25).

Blog resmi Google di Indonesia: Ekonomi Internet Indonesia Diperkirakan Berkembang Hingga $100 Miliar pada 2025 Menurut Hasil Riset. (n.d.). Diambil 3 Agustus 2022, dari https://indonesia.googleblog.com/2018/11/mengungkap-hasil-penelitian-google-dan.html

Dalimunthe, M. B. (2017). Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi produk. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, 3(1), 18–31. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/jkbm.v3i2.357

Dewicka-Olszewska, A. (2021). ScienceDirect ScienceDirect Application and role of ergonomic innovations in small and medium-sized enterprises, 7–10. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2021.10.071

Ferdinand A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (5 ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.

Gelora, D. A. N., Desa, B., Batu, K. E. C., & Batu, K. (2018). Referensi; Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 6, 9–16.

Ghozali, I. (2020). Aplikasi Analisis Multivariate (9 ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.

Hamdan, H. (2018). Industri 4.0: Pengaruh Revolusi Industri Pada Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(2), 1. https://doi.org/10.29407/NUSAMBA.V3I2.12142

Herman, H., Hady, H., & Arafah, W. (2018). The Influence of Market Orientation and Product Innovation on the Competitive Advantage and Its Implication toward Small and Medium Enterprises (Ukm) Performance. International Journal of Science and Engineering Invention, 4(08), 8–21. https://doi.org/10.23958/ijsei/vol04-i08/02

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles of Marketing (15 ed.). New Jersey: Pearson Pretice Hall.

M.Ramashini, D.P.Jayathunga, & N.P.Samarasinghe. (2017). Big Data Analyzed Marketing Strategies for Sri Lankan Small and Medium Enterprises. International Journal of Advances in Electronics and Computer Science, 4(4), 10–14.

Nasruddin. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Di Pt. Hadji Kalla Cabang Palopo. Ekonomi, 3, 19–27.

Primanita, N. (2017). Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran, dan Inovasi. Management Analysis Journal, 1(2), 1–17.

Saunila, M. (2016). Performance measurement approach for innovation capability in SMEs. International Journal of Productivity and Performance Management, 65(2), 162–176. https://doi.org/10.1108/IJPPM-08-2014-0123

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyono. (2022). Orientasi Pasar dan Inovasinya: Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 1(1), 23–40.

Wulandari, E., & Murniaty, I. (2019). Peningkatan Keunggulan Bersaing Melalui Diferensiasi Produk Dan Diferensiasi Citra Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran ukm Kopi Di Kabupaten Temanggung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(2), 69–77.

Downloads

Published

2022-10-17

How to Cite

Fanreza, A., & Kramadibrata, B. S. . (2022). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM FOOD AND BEVERAGE DI KOTA TANGERANG. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(3), 78–86. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v2i3.290

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.