PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS MEDIA NUSANTARA CITRA

Authors

  • Wulan Aditya Putri Universitas Media Nusantara Citra
  • Budi Santosa Kramadibrata Universitas Media Nusantara Citra

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurimbik.v2i3.252

Abstract

Meningkatnya minat berwirausaha pada kalangan mahasiswa akan dapat menurunkan tingkat pengangguran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan dan locus of control terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Media Nusantara Citra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan jumlah sampel 152 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Pengujian kualitas instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha dengan signifikansi 0,016 < 0,05. Locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Pendidikan kewirausahaan dan locus of control berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha dengan nilai signifikan 0,000 dimana lebih kecil daripada nilai probabilitas yaitu 0,05 dengan nilai R-Square sebesar 0,273.

References

V. Ratten and P. Usmanij, “Entrepreneurship education: Time for a change in research direction?,” Int. J. Manag. Educ., vol. 19, no. 1, p. 100367, 2021, doi: 10.1016/j.ijme.2020.100367.

A. R. Galvão, C. S. E. Marques, J. J. Ferreira, and V. Braga, “Stakeholders’ role in entrepreneurship education and training programmes with impacts on regional development,” J. Rural Stud., vol. 74, no. August 2019, pp. 169–179, 2020, doi: 10.1016/j.jrurstud.2020.01.013.

X. Dou, X. Zhu, J. Q. Zhang, and J. Wang, “Outcomes of entrepreneurship education in China: A customer experience management perspective,” J. Bus. Res., vol. 103, no. February, pp. 338–347, 2019, doi: 10.1016/j.jbusres.2019.01.058.

D. I. Tangkeallo and R. Tangdialla, “Analisis Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKI Toraja,” JEKPEND J. Ekon. dan Pendidik., vol. 4, no. 1, p. 74, 2021, doi: 10.26858/jekpend.v4i1.15964.

K. Herwati, “Peran Multi Level Marketing Dalam Meningkatkan Kecerdasan Financial Dan Membentuk Pribadi Mandiri Berwirusaha,” J. Appl. Bussiness Econ., vol. 1, pp. 213–219, 2015.

N. E. Sari and N. T. Habsari, “Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Ber-Entrepreneur,” Equilib. J. Ilm. Ekon. dan Pembelajarannya, vol. 4, no. 2, p. 135, 2016, doi: 10.25273/equilibrium.v4i2.654.

R. Budi, L. Dan, T. Wijaya, and S. Mdp, “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di STIE MDP, STMIK MDP, dan STIE MUSI,” Forum Bisnis Dan Kewirausahaan J. Ilm. STIE MDP Hal -112, vol. 1, no. 2, pp. 112–119, 2012.

R. Mudyaharjo, Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rajagarfindo Persada, 2012.

V. A. Srimulyani, “Analisis Pengaruh Kecerdasan Adversitas, Internal Locus Of Control, Kematangan Karir Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Bekerja,” Widya War. No. 02 Tahun XXXV III, vol. 000, no. 02, pp. 332–341, 2013.

D. D. A. Fitrianingsih, “Pengaruh Adversity Intellegence dan Locus Of Control Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderating,” Pros. Semin. Nas. …, vol. 1, no. 1, pp. 104–112, 2019.

S. Wibowo and K. Pramudana, “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Yang Dimediasi Oleh Sikap Berwirausaha,” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 5, no. 12, pp. 8167–8198, 2016.

A. Yanti, “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, Locus of Control dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha,” Maneggio J. Ilm. Magister Manaj., vol. 2, no. 2, pp. 268–283, 2019, doi: 10.30596/maneggio.v2i2.3774.

I. Adnyana and N. Purnami, “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy Dan Locus of Control Pada Niat Berwirausaha,” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 5, no. 2, p. 253915, 2016.

C. N. Kreitner R, Kinicki A, “Organizational Behavior,” McGraw-Hill Ryeson, 2007, [Online]. Available: www.accesscopyright.ca.

D. Yadewani and R. Wijaya, “Pengaruh e-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 1, no. 1, pp. 64–69, 2017, doi: 10.29207/resti.v1i1.6.

S. Balhara and A. Singh, “Women Entrepreneurship: A Big Motivation,” Bus. Econ. Res., vol. 5, no. 2, p. 207, 2015, doi: 10.5296/ber.v5i2.8452.

N. Ardiyani and A. Kusuma, “Pengaruh Sikap, Pendidikan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha,” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 5, no. 8, p. 254988, 2016, [Online]. Available: https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=b4WRlZ4AAAAJ&citation_for_view=b4WRlZ4AAAAJ:WF5omc3nYNoC.

N. C. Bhandari, “Intention for Entrepreneurship among Students in India,” J. Entrep., vol. 15, no. 2, pp. 169–179, 2006, doi: 10.1177/097135570601500204.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

Wagiran, Metodologi Penelitian Pendidikan (Teori dan Implementasi). Sleman: Deepublish, 2015.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBS SPSS 23. Semarang: Universitas Diponegoro, 2016.

Wibowo, Agus, Sulartopo, Koerniawan, Iwan. 2022. Technopreneurship Development in Indonesia: Digital Business Development, Journal of System and Management Sciences Volume 12, Issue 3, Pages 87 – 103

Downloads

Published

2022-10-01

How to Cite

Putri, W. A., & Kramadibrata , B. S. (2022). PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS MEDIA NUSANTARA CITRA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(3), 34–45. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v2i3.252