PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP UMKM DAN STRATEGI UMKM BERTAHAN PADA KONDISI PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i1.342Abstract
Pandemi covid-19 yang tengah melanda dunia, termasukIndonesia dipastikan mempengaruhikehidupan masyarakat, baikaspek kesehatan maupun sosial dan ekonomi. Penelitian inibertujuan untuk dan menganalisis sejauh mana pengaruhpandemi covid-19 terhadap UMKM dan bagaimana strategi UMKM bertahan pada saat masa Pandemi Covid-19 yang ada di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metodedeskriptif kualitatif, dengan menggunakan sumber data sekunderdari hasil penelitian, referensi dan berita online yang terkaitlangsung dengan penelitian ini. Sejak Maret 2020 Indonesia sudah terkonfirmasi wabah Covid-19. Penyebaran virus Covid-19 berpotensi terdampak secara langsung terhadapperekonomian termasuk juga usaha mikro kecil dan menengah(UMKM). Dampak dari Covid-19 terhadap UMKM diantaranyayaitu penurunan omset penjualan sehingga menyebabkanpenurunan pendapatan oleh pelaku usaha. Berdasarkan hasilobservasi, sebagian UMKM merasakan penurunan omset selamaadanya pandemi Covid-19 yang disebabkan karenaberkurangnya aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat di luarrumah. Temuan lain berdasarkan observasi adalah tidak semuaUMKM merasakan penurunan omset penjualan, ada juga sebagian UMKM yang masih stabil dan mengalami peningkatanomset penjualannya karena mereka mampu menyesuaikan diridengan perkembangan teknologi dalam hal inovasi produk dan strategi pemasaran untuk bertahan di dunia bisnis.
References
Akuntansi, J., Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-, S., Laura Hardilawati, W., Muhammadiyah Riau, U., Ekonomi dan Bisnis Jl Tuanku Tambusai Ujung, F., & -Riau, P. (2020). The Survival Strategy Of Smes During The Covid-19 Pandemic. In Jurnal Akuntansi & Ekonomika (Vol. 10, Issue 1). http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/jae
Susanti, A., Istiyanto, B., Jalari, M., & Surakarta, S. (2020). Strategi UKM pada Masa Pandemi Covid-19. http://journal.neolectura.com/index.php/Kangmas
Rosita, R. (2020). PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP UMKM DI INDONESIA. JURNAL LENTERA BISNIS, 9(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380
Adda, H. W., Chintya, P., Buntuang, D., & Sondeng, D. A. (n.d.). STRATEGI MEMPERTAHANKAN UMKM SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN BUNGKU TENGAH KABUPATEN MOROWALI. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/issue/archive
Inovasi Penelitian, J., Sharfina Nabilah, O., Nursan, M., & Komang Suparyana, P. (2021). DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP UMKM (STUDI KASUS UMKM ZEA FOOD DI KOTA MATARAM). 1(12), 2655.
Anoraga, Pandji. (2010). Ekonomi Islam Kajian Makro dan Mikro (Yogyakarta: PT Dwi Candra Wacana, Ed.). https://www.google.co.id/books/edition/Potensi_Dan_Konstribusi_UMKM_Terhadap_Ke/CXB6EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=Anoraga,+Panji,+2010,+Ekonomi+Islam+Kajian+Makro+dan+Mikro,+Dwi+Chandra+Wacana,+Yogjakarta&pg=PA51&printsec=frontcover
Achmad Alfin. (2021). ANALISIS STRATEGI UMKM DALAM MENGHADAPI KRISIS DI ERA PANDEMI COVID-19 . Jurnal Inovasi Penelitian , 1(Vol.1 No.8 Januari 2021), 1543–1552.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.