Analisis Kinerja Badan Penangggulangan Bencana BPBD Daerah Kabupaten Bima Dalam Penanggulangan Korban Bencana Banjir

Authors

  • Nurhalimah Nurhalimah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) BIMA
  • Amirulmukminin Amirulmukminin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) BIMA

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i3.578

Keywords:

Kinerja, Badan Penangggulangan Bencana Daerah, Banjir

Abstract

Indonesia merupakan negara yag memilki kondisi geografi yang rawan terhadap bencana. Salah satu fenomena alam yang menibulkan kerugian besar yang selalu mengancam beberapa wilayah di indonesia adalah bencana banjir. Dari data badan nasional penanggulangan bencana (BNPB) Indonesia. Kabupaten Bima adalah sebuah  provinsi di Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Sesuai denga fenomena yang sering terjadi di masa sekarang ini yaitu banjir terjadi di mana-mana yang menyebabkan masyarakat setempat merasa khawatir ketika hujan deras melanda Kabupaten Bima khususya di kecematan woha yang menyebabkan sejumlah desa di beberapa wilayah woha di kepung banjir setinggi lutut orang dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja Kantor BPBD kabupaten Bima dalam penanggulangan korban bencana banjir. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini masyarakat desa Tente nisa Kecematan Woha Kabupaten Bima yang terdampak banjir. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah unknow sampling. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, dan uji One sample T Test. Hasil uji One sample T Test menyatakan bahwa kinerja BPBD terhadap bencana banjir masih kurang baik. Hal ini selaras sebagaimana yang di lakukan peneliti saat melakukan observasi

References

Awusi, B., dan tompodung, J. 2018. Kinerja badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) kota manado dalam upaya penanggulangan korban bencana banjir. Jurnal jurusan ilmu pemerintah. Vol. 1, No. 1.

Badan penanggulangan bencana daerah kabupaten bima. http::bpbd. kabbima.go.id.

Budiningsih Kushartati.(2017). Implementasi Kebijakan Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Provinsi Sulawesi Utara. Vol.14 No.2, Hal 165-186. Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanandan Bisnis. Penerbit Bandung: Bandung.

Dermawan Wibisono, 2005. Metode Penelitian & Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Henny, H., & Iwan Koerniawan. (2018). Persepsi Karyawan Terhadap Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Sistem Informasi Akuntansi (Studi Empiris Di Rumah Sakit Permata Grup) . Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(1), 39-44.

Husnul, K., dan Aditya, W. (2018).Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Pada BadanPenanggulangan Bencana Daerah. Vol.5 No.2, Page 2732. eProceeding of Management.

Iwan Koerniawan, & Eka Satria Wibawa. (2019). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Dan Karakteristik Tujuan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Lingkungan Kerja Non Fisik Sebagai Variabel Moderasi. Kompak :Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi , 12(1), 34-46.

Keban, Jeremias T. 2003. Indikator Kinerja Pemerintah Daerah: Pendekatan Manajemen Dan Kebijakan. FISIPOL UGM:Yogyakarta.

Koerniawan, I., & Mustofa, M. (2019). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode Profile Matching Studi Kasus Di Mts Negeri Brangsong. E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 29-34.

Mahmudi. (2013). Manajemen Kinerja Sektor Publik. UPP STIM YKPN: Yogyakarta.

Mahmudi. 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN

Moeheriono. 2010. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Ghalia Indonesia: Bogor.

Muhdar, A., dan sofyan, A. (2021). Kinerja badan penanggulangan bencana daerah dalam kesiap siagaan penganggulangan banjir di kota sorong. Vol. 16, No. 2, pp. 18-23.

Nurjanah, dkk. (2013). Manajemen Bencana. Alfabeta: Bandung.

Robins (2016 : 260). Manajemen penelitian kinerja karyawan, penerbit gaya media

Sadat, A. (2016). Evektifitas kinerja badan penanggulangan bencana daerah dalam penanggulangan resiko bencana di kota bau-bau. Jurnal ilmu pemerintah. Vol. 1, No. 1, pp. 1-20.

Sudarmanto. (2014). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian manajemen. Alfabeta: jakarta.

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2007 tentang pendanaan dan pengelolaan bantuan bencana.

Wibowo. ( 2011). Manajemen Kinerja. Jakarta: RajaGarafindo Persada.

Wungu & Brotoharjo. (2003). Tingkatkan Kinerja Perusahaan Anda Dengan Merit Sistem.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Nurhalimah, N., & Amirulmukminin, A. (2023). Analisis Kinerja Badan Penangggulangan Bencana BPBD Daerah Kabupaten Bima Dalam Penanggulangan Korban Bencana Banjir. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(3), 347–355. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i3.578

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.