KUANTITAS DAN KUALITAS KINERJA PEGAWAI PADA BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KOTA KUPANG

QUANTITY AND QUALITY OF PERFORMANCE OF EMPLOYEES AT THE PERSONNEL, EDUCATION AND TRAINING AGENCY OF KUPANG CITY

Authors

  • Afif Syarifudin Yahya Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Jakarta, Indonesia
  • Natalia I. F. Outang Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Sumedang, Indonesia
  • Yeti Fatimah Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Sumedang, Indonesia
  • Ajud Tajudin Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Sumedang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurimbik.v2i1.196

Keywords:

Aplikasi E-Kinerja, Kuantitas, Kualitas, Kota Kupang, Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kuantitas dan kualitas kinerja pegawai melalui aplikasi e-kinerja pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kota Kupang. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan sebanyak 8 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Data yang sudah terkumpul, kemudian dianalisis melalui teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi kuantitas, Aplikasi e-kinerja telah mendorong pegawai untuk mampu meningkatkan output pekerjaannya, Kemudian dari segi kualitas, Aplikasi e-kinerja mampu mendukung pemberian penilaian yang cermat. Kendala yang dihadapi dalam penilaian kinerja pegawai yaitu: masih terdapat pegawai yang kurang memahami cara pengisian Aplikasi e-kinerja karena adanya fitur-fitur baru yang terus berkembang, dan keterbatasan kapasitas server. Untuk mengatasi kendala tersebut, telah dilakukan bimbingan teknis sebanyak 2 kali, dan berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam pengelolaan server agar tidak terjadi gangguan pada saat penginputan data kinerja yang dilakukan secara bersama-sama.

 

 

References

Aini, N. (2019). Evaluasi Kinerja Pegawai Untuk Mewujudkan Pelayanan Publik Dalam Perspektif Good Governance. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33474/jisop.v1i1.2671

Cahyono, E. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Transformasi Organisasi Pemerintah. Setkab.Go.Id. https://setkab.go.id/revolusi-industri-4-0-dan-transformasi-organisasi-pemerintah/

Dharma, A. (2014). Manajemen Supervisi. Raja Grafindo Persada.

Febriana, D. (2014). Pengembangan Sistem Manajemen Sumberdaya Aparatur dalam Pemerintahan Negara Republik Indonesia. Jurnal Jejaring Administrasi Publik, 6(1). http://journal.unair.ac.id/ADMP@pengembangan-sistem-manajemen-sumberdaya-aparatur-dalam-pemerintahan-negara-republik-indonesia-article-9183-media-81-category-8.html

Hartono, A. (2016). Koodinasi Antar Lembaga dan Stakeholder dalam Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat (Studi Kasus: Taman Flora dan Taman Ekspresi di Kota Surabaya). Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 4(3). https://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmp604ea244a2full.pdf

Hendarsyah, D. (2019). E-Commerce di Era Industri 4.0 dan Society 5.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi KIta, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.170

Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government, (2003).

Karno dkk. (2020). The Impact of the Government Revolution 4.0 on District Integrated Administration Service (DIAS). Jurnal Ilmu Sosial, 19(2), 160–179. https://doi.org/10.14710/jis.19.2.2020.160

Nurhayati, E. (2021). Pengaruh Penerapan Sistem Penilaian E-Kinerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Di Kecamatan Semarang Timur Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 79 – 91. https://doi.org/doi:https://dx.doi.org/10.33633/jpeb.v2i2.2274

Peraturan Gubernur Nusa Tenggara Timur Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pedoman Manajemen Kinerja Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, (2020).

Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil, (2019).

Pratama, Dhany Wahyu. T. Murwaningsih, A. S. (2020). Penerapan E-Kinerja Di Dinas Pedagangan Kota Surakarta. Urnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 4(2), 15–29. https://doi.org/https://jurnal.uns.ac.id/JIKAP/article/view/42356

Rahmawati, R. (2018). Sistem Pelaporan Kinerja Pegawai Berbasis Web Pada Kementerian Agama Kabupaten Luwu Utara [Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12693/1/RIKA RAHMAWATI.pdf

Rakyat NTT. (2021). Mayoritas ASN Pemkot Kupang Belum Isi Aplikasi e-Kin, Dana TPP Belum Bisa Cair. Rakyatntt.Com.

Robbins, S. P. dan T. A. J. (2017). Perilaku Organisasi. Salemba Empat.

Setiawan, F. (2022). Aplikasi Pengelolaan Data Kinerja Pegawai Berbasis Web di Dispora Banjarmasin [Universitas Islam Kalimantan]. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/10029/

Sudarmanto. (2020). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM: Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi. Pustaka Pelajar.

Suwandi, I. M. A. S. Y. (2017). Refleksi Otonomi Daerah di Indonesia. Alqa print.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, (2014).

Veratiani, Gek Aris, I. K. W. dan N. P. A. P. (2019). Analisis Sistem Elektronik Kinerja (E-Kinerja) dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Denpasar. Ilmu Sosial Dan Politik, 1(1), 1–9. https://doi.org/https://ojs.unud.ac.id/index.php/citizen/article/view/47681

Wahyuni, S. (2020). Pengaruh Penerapan E-Kinerja Dan Integritas Terhadap Kinerja Pegawai. Journal of Education on Social Science, 4(2), 153–164. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.24036/jess.v4i2.290

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. PT. Raja Grafindo Persada.

Widodo, dkk. (2005). Pembaharuan Otonomi Daerah. APMD Press.

Yahya, A. S. (2020). Kerja Sama Daerah (Strategi Cepat Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat). Cendekia Press.

Yahya, A. S. dan S. (2022). Efektivitas Pelayanan Publik Melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Aplikasi SP4N-LAPOR. Jurnal Media Birokrasi, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jmb.v4i1

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Afif Syarifudin Yahya, Natalia I. F. Outang, Yeti Fatimah, & Ajud Tajudin. (2022). KUANTITAS DAN KUALITAS KINERJA PEGAWAI PADA BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KOTA KUPANG: QUANTITY AND QUALITY OF PERFORMANCE OF EMPLOYEES AT THE PERSONNEL, EDUCATION AND TRAINING AGENCY OF KUPANG CITY. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(1), 59–70. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v2i1.196

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.