PENGARUH ONLINE COSTUMER REVIEW, DAN ONLINE COSTUMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI SHOPEE

Studi kasus Mahasiswa/i Universitas Andi Djemma kota Palopo Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Angkatan 2020

Authors

  • Namsi Tandidatu Universitas Andi Djemma Palopo
  • Aisyah Aisyah Universitas Andi Djemma Palopo
  • Dina Lestari Universitas Andi Djemma Palopo
  • Dewi Purianti Universitas Andi Djemma Palopo
  • Rudianto Rudianto Universitas Andi Djemma Palopo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i2.537

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan pengaruh online costumer review dan online costumer rating terhadap keputusan pembelian pada Aplikasi Shopee, untuk mengetahui pengaruh secara parsial  pengaruh signifikan online costumer review terhadap keputusan pembelian pada Aplikasi Shopee, untuk mengetahui pengaruh signifikan secara parsial pengaruh online costumer rating terhadap keputusan pembelian pada Aplikasi Shopee (Studi kasus Mahasiswa/i Universitas Andi Djemma kota Palopo Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Angkatan 2020). Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 sampel dengan tekhnik pengambilan sampel teknik purposisive sampling yaitu, teknik penentuan sampel data yang didasarkan pada pertimbangan tertentu. Tekhnik pengumpulan data meliputi angket atau keusioner. Tekhnik analisis data mengunakan uji validitas, uji realibilitas, dan uji regresi linear berganda, dengan bantuan spss versi 21 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan Online Costumer Review (X1) dan Online Costumer Rating (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Aplikasi Shopee (studi kasus pada Mahasiswa/i Universitas Andi Djemma Fakultas Ekonomi Angkatan 20 di kota Palopo). Secara parsial Online Costumer Review (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial Online Costumer Rating (X2) berpengaruhsignifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Agustiningrum Dkk (2021) Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace

Ahmad Farki Dkk (2016) Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia.

Arbaini Dkk (2020) Pengaruh Consumer Online Rating dan Review Terhadap keputusan Pembelian pada pengguna Market Place Tokopedia.

Ilmiyah Dkk (2020) Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee

Juliyanti,Y.A (2018) Pengaruh Online Costomer Review dan Online Catamer Reting Terhadap Keputusan Pembelian Online Marketplace

Karmila (2023) Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee (studi kasuss pada masyarakat palopo)

Keny Safitri Dkk (2022) Pengaruh Online Customer Review, Rating, dan Kepercayaan Terhadap Niat Beli Konsumen pada Aplikasi Tokopedia.

Yuli Tricahyono Dkk (2021) Pengaruh Harga, Online customer Review, dan Online Customer Rating Terhadap keputusan pembelian pada Market Place Shopee.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Tandidatu, N. ., Aisyah, A., Lestari, D. ., Purianti, D. ., & Rudianto, R. (2023). PENGARUH ONLINE COSTUMER REVIEW, DAN ONLINE COSTUMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI SHOPEE: Studi kasus Mahasiswa/i Universitas Andi Djemma kota Palopo Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Angkatan 2020. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(2), 322–331. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i2.537