PESAN EDUKASI POSITIVE DISCIPLINE PARENTING PADA AKUN INSTAGRAM @GOODENOUGHPARENTS.ID

Authors

  • Noerazrie Imania Putri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Yuli Candrasari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.55606/juitik.v2i2.209

Keywords:

Positive discipline, parenting, Instagram, analisis isi

Abstract

Informasi parenting sebelumnya didapatkan dari pengalaman dan nasehat orang tua, kini informasi tersebut didapat dengan mudah diberbagai platform, salah satunya media sosial Instagram. Menjadi kegiatan yang dekat dengan realitas, membuat parenting mengalami permasalahan disetiap pengaplikasiannya. Good Enough Parents sebagai platform belajar online tentang parenting bagi para orang tua harus menunjukkan pesan edukasi yang dapat memberi jalan keluar bagi permasalahan yang sedang dihadapi orang tua dalam kegiatan parenting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi pesan edukasi positive discipline parenting pada media sosial instagram @goodenoughparents.id. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif dengan teori media baru dan konsep dasar positive discipline dari Joan E. Durrant. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk pesan edukasi dalam konten akun @goodenoughparents.id adalah informatif dengan ditemukannya empat kategori unggahan yang berkaitan dengan konsep positive discipline dari Joan E. Durrant, yaitu kategori tumbuh kembang dengan konsep understanding how children think and feel. Kategori komunikasi dan kerjasama dengan konsep providing warmth and structure. Kategori stimulasi belajar dengan konsep identifying long-term goals. Kategori kesehatan mental dengan konsep problem solving.

 

 

References

D. N. Yasyi, “Konstruksi Sosial Wartawan Lajang Tentang Parenting,” Universitas Padjajaran, Bandung, 2019.

K. N. Jannah, “KONSEP PARENTING DALAM AL-QUR’AN SURAT ASH-SHAFFAT AYAT 100-107 (STUDI TAFSIR AL-MISHBAH),” SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG., Pemalang, 2017. [Online]. Available: https://dita8.wordpress.com/2010/09/25/pengasuhan-konsep-tujuan-dan-strateginya/

R. Ramadhani, “KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK DALAM MEMBENTUK PERILAKU POSITIF ANAK PADA MURID SDIT CORDOVA SAMARINDA,” vol. 1, no. 3, pp. 112–121, 2013.

Komarudin, “Orangtua Kurang Pahami Masalah Kesehatan Mental Anak,” Liputan6, Jakarta, Jul. 24, 2020. Accessed: Nov. 12, 2022. [Online]. Available: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4313376/orangtua-kurang-pahami-masalah-kesehatan-mental-anak

Thatha, “10 Masalah Pola Asuh yang Sering Terjadi dan Solusinya,” Mommiesdaily, Jakarta, Dec. 20, 2019. Accessed: May 08, 2022. [Online]. Available: https://mommiesdaily.com/2019/12/20/10-masalah-pola-asuh-yang-sering-terjadi-dan-solusinya/

S. S. Alamiyah, “‘I Become More Confident’: Mother Use of Online Platform for Parenting Information,” 2nd International Media Conference 2019 (IMC 2019), vol. 423, 2019.

R. H. Ifroh and L. Permana, “Do Parents Use The Internet And Social Media To Child Health-Seeking Information?,” Jurnal Kesehatan Komunitas, vol. 8, no. 2, pp. 171–180, Jun. 2022, doi: 10.25311/keskom.Vol8.Iss2.1209.

Y. Junanah, “IMPLENTASI DISIPLIN POSITIF DALAM PENDIDIKAN PARENTING BERBASIS MASYARAKAT BAGI ORANG TUA DI DESA GILANGHARJO,” 2019.

L. Jemadu and D. Prastya, “Jumlah Pengguna Media Sosial Indonesia Capai 191,4 Juta per 2022,” Suaracom, Jakarta, Feb. 23, 2022. Accessed: May 08, 2022. [Online]. Available: https://www.suara.com/tekno/2022/02/23/191809/jumlah-pengguna-media-sosial-indonesia-capai-1914-juta-per-2022#:~:text=Jumlah%20pengguna%20Instagram%20di%20Indonesia,persen%20sisanya%20adalah%20laki%2Dlaki.

A. Christie, “Interaktivitas Media Baru: Studi Kasus Pada Tempo.co,” Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, 2017.

N. Kurnia, “Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Media Baru : Implikasi terhadap Teori Komunikasi,” Mediator: Jurnal Komunikasi, vol. 6, no. 2, pp. 291–296, 2005.

A. , J. A. N. , A. A. , A. A. A. , P. D. S. , A. D. , . . . & A. W. A. Ryvo, Peradaban Media Sosial di Era Industri 4.0, vol. 9. Malang: UMM dan Intelegensia Media, 2020.

N. A. Pahlevi, Pengaruh Media Sosial dan Gerakan Massa Terhadap Hakim. Surabaya: Cipta Media Nusasntara, 2021.

D. M. Holauna, “KOMUNIKASI EMPATIK PADA INSTAGRAM (Analisis Isi Kuantitatif pada Instagram Partners_In_Goodness),” UPN “Veteran” Jawa Timur, Surabaya, 2021.

J. Nelsen, K. Bill, and J. Marchese, Positive Discipline: For Today’s Busy (& Overwhelmed) Parent, vol. 5. New York: Harmony, 2018.

S. Sulvinajayanti, A. A. Saleh, and M. N. Hamang, “Pengasuhan Disiplin Positif Islami Sebagai Upaya Penurunan Kekerasan Terhadap Anak di Kabupaten Sidrap,” JURNAL PENELITIAN, vol. 15, no. 1, p. 77, Jul. 2021, doi: 10.21043/jp.v15i1.10241.

J. E. Durrant, Positive discipline in everday parenting. Canadian Association of Family Resource Programs, 2016.

R. Widya, B. Siregar, and S. Rozana, HOLISTIK PARENTING: Pengasuhan dan Karakter Anak dalam Islam, Pertama. Tasikmalaya: Edu Publisher, 2020.

S. W. Octaviana, “Pengasuhan Orang Tua Terhadap Anak Autis,” Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Yogyakarta, 2019.

E. Sunarti, Mengasuh Dengan Hati, Pertama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2004.

K. Silalahi, Psikologi Keluarga, 1st ed. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2010.

A. Z. Musthofa, “Makna Pesan Edukasi Iklan S26 Procal Gold Versi Dari Belajar Jadi Hebat : Analisis Semiotik Model Charles Sander Peirce.,” UINSA Surabaya, Surabaya, 2020.

M. Surip, “Analisis Isi Berita Di Stasiun Televisi ‘Tvri, Sctv Dan Metrotv,’” Jurnal Bahas Unimed, vol. 27, no. 1, 2016.

I. K. A. M. Putra and K. A. D. Astina, “PEMANFAATAN MEDIA INSTAGRAM MULTIPLE POST SEBAGAI SARANA EDUKASI BERBASIS VISUAL BAGI WARGANET,” Online, 2019. [Online]. Available: https://jurnal.std-bali.ac.id/index.php/nawalavisual

Downloads

Published

2022-07-23

How to Cite

Noerazrie Imania Putri, & Yuli Candrasari. (2022). PESAN EDUKASI POSITIVE DISCIPLINE PARENTING PADA AKUN INSTAGRAM @GOODENOUGHPARENTS.ID. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 2(2), 67–75. https://doi.org/10.55606/juitik.v2i2.209