Penerapan Metode Monte Carlo Untuk Peramalan Pembelian Aksesoris Laptop Pada Cv Gaharu Berbasis Android

Authors

  • Muhammad Irsan Mulana Universitas Potensi Utama
  • Edy Victor Haryanto Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.55606/juitik.v2i3.400

Keywords:

Peramalan, Pembelian, Monte Carlo, Android, Java, MySQL

Abstract

Perusahaan sering mengalami kendala, khususnya masalah prediksi pembelian aksesoris laptop untuk periode berikutnya. Masalah tersebut diantaranya adalah dalam proses penjualan dilakukan berdasarkan permintaan dan pemesanan dari konsumen, jika konsumen tidak melakukan pemesanan maka proses restock tidak dilakukan sehingga sering terjadi persedian produk menjadi terkendala. Proses pelaksanaan penjualan harus memperoleh persetujuan sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pembuatan laporan pembelian produk dari pelanggan. Jumlah stok produk yang terbatas mengakibatkan jumlah pemesanan dari pelanggan tidak dapat di penuhi secara maksimal, pelanggan merasa kecewa terhadap pelayanan yang ada pada CV Gaharu dan apabila stok kosong bagian inventory melakukan proses konfirmasi kepada pelanggan untuk menunggu proses pelaksanaan restok kembali dan memenuhi jumlah pemesanan. Sistem pengolahan data yang masih menggunakan cara semi komputerisasi khususnya dalam pembuatan laporan pembelian, dan proses perhitungan peramalan pembelian produk sehingga tidak efisien karena membutuhkan waktu yang lama dalam proses penentuan prediksi pembelian produk dan laporan pembelian produk tidak dapat diperoleh dengan cepat. Dengan menerapkan metode Monte Carlo dapat membantu perusahaan dalam mengatasi masalah yang dihadapi oleh perusahaan. Karena Monte Carlo digunakan untuk analisis numerik yang melibatkan pengambilan sampel eksperimen bilangan acak. Kriteria yang mempengaruhi proses peramalan pembelian adalan jumlah pembelian yang lebih tinggi, jumlah stok yang menipis dan persediaan barang yang tidak efektif. Adapun hasil penelitian ini adalah Untuk membangun sistem yang baru berbasis Android yang digunakan dalam perhitungan penentuan pembelian aksesoris laptop, Mempermudah bagian pembelian dalam menentukan stok aksesoris laptop pada masa yang akan datang dan Mempermudah pada CV Gaharu dalam proses pengolahan data pembelian aksesoris laptop.

 


References

Geni, B. Y., & Santony, J. (2019). Prediksi Pendapatan Terbesar pada Penjualan Produk Cat dengan Menggunakan Metode Monte Carlo). Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 15-20.

Zalmadani, H., Santony, J., & Yunus, Y. (2020). Prediksi Optimal dalam Produksi Bata Merah Menggunakan Metode Monte Carlo. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 13-20.

Santony, J. (2020). Simulasi penjadwalan proyek pembangunan jembatan gantung dengan metode Monte Carlo. Jurnal Informasi dan Teknologi, 30-35.

Hayati, N. (2020). Optimalisasi Prediksi Penjualan Produk Herbal Menggunakan Metode Monte Carlo dalam Meningkatkan Transaksi. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 117-122.

Rahim, R., & Fuad, R. N. (2019). Aplikasi dalam simulasi penjualan dengan menggunakan metode monte carlo. Ready Star, 2(1), 235-239.

Ihksan, M., & Yunus, Y. (2021). Simulasi Monte Carlo dalam Memprediksi Tingkat Pendapatan Penjualan Kuliner. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 28-33.

Hartomi, Z. H., & Santony, J. (2020). Optimalisasi Prediksi Biaya Komisi Penjualan Mobil Menggunakan Metode Monte Carlo. Jurnal KomtekInfo, 7(2), 140-151.

Zulfiandry, R. (2018). Optimasi Kegiatan Pelatihan Menggunakan Metode Simulasi Monte Carlo (Studi Kasus di Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu). ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(1), 113-119.

Hutahaean, H. D. (2018). Analisa simulasi monte carlo untuk memprediksi tingkat kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan (studi kasus: STMIK pelita nusantara). Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1).

Indra, E. dkk. (2019). Penerapan Metode Monte Carlo Untuk Simulasi Sistem Antrian Service Sepeda Motor Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Prima (JUSIKOM PRIMA), 2(2), 77-84.

Al Akbar, A., Alamsyah, H., & Riska, R. (2020). Simulasi Prediksi Jumlah Mahasiswa Baru Universitas Dehasen Bengkulu Menggunakan Metode Monte Carlo. Pseudocode, 7(1), 8-16.

Rahayu, T. K. (2019). Simulasi Monte Carlo Untuk Memprediksi Keuntungan Penjualan. Musamus Journal Of Research Information and Communication Technology, 2(1), 1-6.

Geni, B. Y. (2021).Simulasi Pencarian Keuntungan dengan Menggunakan Metode Monte Carlo pada Penjualan Produk Wardah di Wardah Official Shop (Shopee). JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 6(2).

Manurung, K. H., & Santony, J. (2019). Simulasi Pengadaan Barang Menggunakan Metode Monte Carlo. Jurnal Sistim Informasi dan Teknologi, 1(3), 7-10.

Mahessya, R. A. (2017). Pemodelan dan Simulasi Sistem Antrian Pelayanan Pelanggan Menggunakan Metode Monte Carlo Pada PT Pos Indonesia (Persero) Padang. Jurnal Ilmu Komputer, 6(1), 15-24.

Akhiyar, D., & Rahim, R. (2020). Sistem Informasi Akutansi Penjualan Dan Persediaan Obat Menggunakan Metode Fifo. Majalah Ilmiah,2020, 27.1: 85-97.

Downloads

Published

2023-02-06

How to Cite

Muhammad Irsan Mulana, & Edy Victor Haryanto. (2023). Penerapan Metode Monte Carlo Untuk Peramalan Pembelian Aksesoris Laptop Pada Cv Gaharu Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 2(3), 96–113. https://doi.org/10.55606/juitik.v2i3.400

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.