Aplikasi Buku Tamu Dan Indeks Kepuasan Masyarakat Menggunakan Whatsapp Gateway Berbasis Web Pada Lpse Provinsi Kalimantan Selatan

Authors

  • Muharir Muharir Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.55606/juitik.v1i3.426

Keywords:

: Buku Tamu, Indeks Kepuasan, Whatsapp

Abstract

LPSE  Provinsi Kalimantan Selatan setiap harinya selalu menerima kunjungan dari SKPD ataupun lembaga pemerintah berkaitan perihal konsultasi pengadaan barang maupun jasa. Kunjungan tamu pada LPSE saat ini belum terdata dengan baik dimana masih dituliskan pada buku tamu secara manual. Sekarang LPSE mensiasatinya dengan menggunakan link google form yang diberikan kepada tamu ketika akan berkunjung ataupun melakukan konsultasi secara online. Namun masalah lainnya terjadi yaitu data yang di isi pada google form belum tentu dapat di validasi kebenarannya dan banyaknya isian data duplikat, sehingga menyulitkan pendataan administrasi tamu yang berkunjung setiap harinya. Masalah lain yang terjadi pada LPSE di Provinsi Kalimantan Selatan adalah pendataan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan yang di berikan oleh LPSE kepada masyarakat masih belum transparan. Perihal ini terjadi karena semua data yang di sajikan diolah secara semi elektronik menggunakan excel, bukan melalui feedback masyarakat langsung terhadap layanan yang di berikan. Untuk mempermudah dan mencarikan solusi dari permasalahan yang sudah disampaikan maka dikembangkan lah sebuah aplikasi dengan menerapkan metode pengembangan sistem perangkat lunak mengacu pada model waterfall untuk menghasilkan sebuah Aplikasi Buku Tamu Dan Indeks Kepuasan Masyarakat Menggunakan Whatsapp Gateway Berbasis Web Pada LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) Provinsi Kalimantan Selatan.

References

Pressman, Roger S. (2002). Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi – Buku Satu).

Barata. 2014. Sistem Informasi Akademik Laboratorium Kimia Dasar. Skripsi. Program Studi Ilmu Komputer FMIPA UGM. Yogyakarta.

Edisi keempat.Yogyakarta: Andi

Basuki, A., P. 2010. Membangun Framework Berbasis PHP dengan Framework CodeIgniter. Penerbit Lokomedia. Yogyakarta.

Benedetti, R. Dan Cranley, R. 2011. Head First jQuery, O’Reilly Media, Inc.

Cochran, D. 2012. Twitter Bootstrap Web Development How-To. PACKT Publiseher.

Date, C. 2002. An Introduction to Database System, Sevinth Edition. New York: Addison- Wesley Publishing Company.

Demiawansyah, A. 2014. Sistem Informasi Persiapan Praktikum di Program Studi Komputer dan Sistem Informasi SV UGM. Tugas Akhir. Program Studi Komputer dan Sistem Informasi SV UGM. Yogyakarta.

Dennis, A., Wixom, B., & Roth, R. 2009. System Analysis and Design. John Wiley and Sons Inc.

Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kossiakof. 2002. System Engineering Principles and Practice. John Wiley and Sons Inc.

Laksono. 2013. Aplikasi Penjadwalan Perkuliahan Praktikum Berbasis Web di Pusat Laboratorium Terpadu UIN Syarif. Skripsi. UIN Syarif. Jakarta.

Mansfield, R. 2005. CSS Web Design For Dummies. John Wiley and Sons, Inc.

Mc Farland, D. 2013. CSS3: The Missing Manual. O’Reilly Media, Inc.

Mc Farland, D. 2009. Javascript and Query: The Missing Manual, Second Edition. O’Reilly Media, Inc.

Nixon, R. 2009. Learning PHP, MySQL and Javascript. O’Reilly Media, Inc.

Powell, T. 2010. HTML and CSS: The Complete Reference, Fifth Edition. The McGraw- Hill Companies, Inc.

Powers, D. 2012. Beginning CSS3: Mastering The Language of Web Design. Apress.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Muharir Muharir. (2021). Aplikasi Buku Tamu Dan Indeks Kepuasan Masyarakat Menggunakan Whatsapp Gateway Berbasis Web Pada Lpse Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 1(3), 94–103. https://doi.org/10.55606/juitik.v1i3.426