Metode System Literature Review Untuk Analisis Penggunaan TIK Sebagai Media Pembelajaran

Authors

  • Shafira Ramadiani Herliza Universitas Pembangunan “Veteran” Jawa Timur
  • Faradiba Aurel Yasmin Universitas Pembangunan “Veteran” Jawa Timur
  • Nanda Salma Zhafira Universitas Pembangunan “Veteran” Jawa Timur
  • Razpa Arya Wardana Universitas Pembangunan “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.55606/juisik.v3i2.499

Keywords:

Learning, Education, ICT, Technology, SLR Method

Abstract

Information and communication technology or what is often called ICT is a device that can process and produce data or information. ICT can also be a tool and means to disseminate or publish such data and information. This study aims to determine the effectiveness and also the impact of using information and communication technology (ICT) as a medium in learning for students and staff to improve the quality of education in Indonesia. The method used in this study is the SLR or System Literature Review method. This SLR obtains data by collecting, analyzing, and also synthesizing previous literature that has the same research topic. This method can allow researchers to gain a comprehensive understanding where the data or information obtained includes evidence that is relevant and in accordance with the research topic. The results obtained from the formulation of the problem in this study are that ICT is an important use in improving teaching and learning activities in Indonesia. This increase in learning is certainly balanced by collaboration and good interaction between educators and students to use ICT in the process.

References

Nurbaithy, E. Y. (2017, October 17). Penerapan Budaya Membaca Dalam Membina Mutu Akademik SMK Negeri 48 Jakarta. Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/37421/1/Emma%20Yuliana%20Nurbaithy-FITK

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). METODE systematic literature review untuk Identifikasi platform Dan metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Wahyudin, Y., & Rahayu, D. N. (2020). Analisis metode pengembangan sistem informasi berbasis website: A literatur review. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(3), 26–40. https://doi.org/10.35969/interkom.v15i3.74

Supianti, I. I. (2018). Pemanfataan Teknologi Informasi Dan komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran Matematika. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 63–70. https://doi.org/10.30653/003.201841.44

Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 61–69. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2437

Sukardi. (2009). Metodologi penelitian pendidikan: kompetensi dan praktiknya / Sukardi. In 1. Pendidikan - Metodologi Penelitian,Metodologi penelitian pendidikan: kompetensi dan praktiknya / Sukardi. https://doi.org/2009

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor.

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019, July 12). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21.

Wahyono, H. (2019, September 12). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Penilaian Hasil Belajar Pada Generasi milenial di era Revolusi Industri 4.0. Proceeding of Biology Education. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pbe/article/view/13105

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). ANALISA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA COVID-19. JISAMAR (Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting And Research), 4(2), 30-36. Retrieved from https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181

Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai media pembelajaran di era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475 Astini, N.K. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19.

Manshur, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan komunikasi Sebagai media Pembelajaran Terhadap prestasi belajar siswa di min kepatihan bojonegoro. At-Tuhfah, 9(1). https://doi.org/10.36840/jurnalstudikeislaman.v9i1.314

Sutisna, E., Novita, L., & Iskandar, M. I. (2020). Penggunaan media Pembelajaran Berbasis Teknologi, INFORMASI, Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Lingkungan tempat tinggalku. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 01–06. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v4i1.1929

Ardiansyah, M. (2021). INOVASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EFEKTIF. Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK), 5(1).

Fadila, S. N., & Faeruz, R. (2022). Eksplorasi Penggunaan Teknologi Informasi pada Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Bunga Bangsa. Islamic Early Childhood Education, 7(1).

Harahap, L. (2020, Maret 06). PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN. Digital Library Universitas Negeri Medan.

Nerisafitra, P., & Wibawa, R. P. (2022). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Penyusunan Media Pembelajaran Interaktif. 1(1).

Prianggita, V. A., & Meliyawati. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Era Pandemi Covid-19. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08.

Putri, V. S., & Syafitri, Y. (2023). Dampak Perkembangan Teknologi Dalam Pendidikan di Masa Pandemi Bagi Kaum Milenial. Journal of Pedagogy and Online Learning, 7. https://doi.org/10.24036/jpol.v1i3.20

Syamsuar, & Refianto. (2018). PENDIDIKAN DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6.

Syifa, N., & Julia, J. (2023). PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMASI TEKNOLOGI SEBAGAI ALAT BANTU PENCAPAIAN PEMBELAJARAN. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7. http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1707

Widianto, E. (2021). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Journal of Education and Teaching, 2(2). http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JETE

Zahwa, F. A., & Syafi'i, I. (2022). PEMILIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01).

Latifah, L., & Ritonga, I. (2020). Systematic Literature Review (SLR): Kompetensi Sumber Daya Insani Bagi Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 63-80.

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media Pembelajaran.

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Shafira Ramadiani Herliza, Faradiba Aurel Yasmin, Nanda Salma Zhafira, & Razpa Arya Wardana. (2023). Metode System Literature Review Untuk Analisis Penggunaan TIK Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(2), 186–199. https://doi.org/10.55606/juisik.v3i2.499