ANALISIS KETAHANAN UKM SEPATU DAN SANDAL DI KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i2.439Keywords:
karakteristik manajerial, teknologi informasi, modal, integrasi rantai pasokan, pemasaran, ketahanan organisasiAbstract
Usaha kecil dan menengah merupakan kelompok pelaku ekonomi yang mempunyai peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia, karena dapat mengurangi pengangguran dan kemiskinan, memajukan perekonomian di suatu wilayah serta mampu bertahan ketika terjadi goncangan krisis ekonomi karena skala usahanya yang kecil sehingga lebih mudah dalam melakukan penyesuaian terhadap lingkungan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh karakteristik manajerial, teknologi informasi, modal, integrasi rantai pasokan dan pemasaran terhadap ketahanan organisasi pada UKM Sepatu dan sandal di Kota Medan. Populasi penelitian ini adalah pengrajin sepatu dan sandal di Kota Medan. Metode penentuan sampel dengan menggunakan metode probably sampling. Data penelitian menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner dan data sekunder yang diperoleh dari studi pustaka dan jurnal. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis SEM. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 orang pengrajin. Hasil temuan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh karakteristik manajerial, teknologi informasi, modal, integrasi rantai pasokan dan pemasaran terhadap ketahanan organisasi pada UKM sepatu dan sandal di Kota Medan.
References
Ashari (2006). Potensi Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Dalam Pembangunan Ekonomi Pedesaan dan Kebijakan Pengembangannya, Analisis Kebijakan Pertanian, 4(2). Bogor: Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian.
DH, B. S. (1990). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Yogyakarta Liberty.
Gitman, L. J., Juchau, R., & Flanagan, J. (2015). Principles of managerial finance. Pearson Higher Education AU.
Griffin, R. W. (2004). Manajemen, Edisi Ketujuh. Jakarta: Erlangga.
Indriajit, R.E. (2000). Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
James, A., & Fitzsimmons, M. J. (2006). Service Management: Operations, Strategy, and Information Technology. California: McGraw-Hill/Irwin.
Kotler, P., & Keller, K. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.
Lexy J. Moleong (2005), Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pujawan Nyoman, (2010), Supply Chain Management, Edisi ke-2, Penerbit Guna Wijaya, Surabaya.
Riyanto, B. (2001). Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.
Suharyadi, dan Purwanto. (2004). ‘STATISTIKA: Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern edisi 2 Buku 1’. Jakarta: Salemba Empat.
Suyanto, M. (2005). Pengantar Teknologi Informasi Untuk Bisnis. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Torang, Dr. Syamsir, (2016). Organisasi & Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya, & Perubahan Organisasi. Bandung : Alfabeta.
Warsita, Bambang. (2008) Teknologi Pembelajaran: Landasan &Aplikasinya, Jakarta: Rineka
Weston, F. J dan Thomas, E Copeland. (1997). Manajemen Keuangan: Jilid, 2. Jakarta, Binarupa Aksara
Weston, J. F., & Brigham, E. F. (1996). Fundamental of Financial Management. Edisi Tujuh, Tokyo, Harcourt Brace College
Abbas, Djamila, (2018), Pengaruh Modal Usaha, Orientasi Pasar, dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UKM Kota Makassar, Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS) Vol.5, No. 1, (Januari-Juni) 2018: 95-111.
Anwar, S. (2011). Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management): Konsep Dan Hakikat. Dinamika Informatika : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 3(2). https://doi.org/10.35315/informatika.v3i2.1315
Bhamra, R., Dani, S., & Bunard, K. (2011). Resilience: the concept, a literature review and future directions. International Journal of Production Research , 5375-5393.
Bollen, K., & Lennox, R. (1991). Conventional wisdom on measurement: A structural equation perspective. Psychological Bulletin, 305–314.
Demmer, W. A., Vickery, K. S., & Calantone, R. (2011). Engendering resilience in small- and medium-sized enterprises (SMEs): a case study of Demmer Corporation. International Journal of Production Research.
Gilly, J. P., Kechidi, M., & Talbot, D. (2014). Resilience of organisation and territories: The role of pivot firms. European Management Journal, 596602.
Gunasekaran, A., Rai, B. K., & Griffin, M. (2011). Resilience and Competitiveness of Small and Medium Size Enterprises: an Empirical Research. International Journal of Production Research, 5489-5509.
Lei, Shanyu and Weixiao Ma. (2013), Motivation to Innovation - The Driving Force of Reward-Based Organizational Knowledge Management for New Product Development Performance. Lecture Notes in Computer Science. Vol. 8041, 2013, pp 184-194.
Mafabi, S., Munene, J., & Ntayi, J. (2012). Knowledge Management and Organisational Resilience. Journal Of Strategy and Management, 57-80.
Pal, R., Torstensson, H., & Mattila, H. (2013). Anticendents of Organizational Resilience in Economic Crisis: An Empirical Study of Swedish Textile and Clothing SMEs. International Journal Production Economics, 410428.
Rahmana, A. (2009). Peranan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi . Yogyakarta.
Saleh, Baso., Hidayat D. Yayat, (2016), Penggunaan Teknologi Informasi di Kalangan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Daerah Perbatasan (Studi di Kabupaten Belu Provinsi Nusa Tenggara Timur). Jurnal Pekommas, Vol. 1 No. 2, Oktober 2016: 141 – 152.
Sarosa dan Zowghi.(2003) A strategy for adopting information technology for SMEs. Proceedings of the 10th European Conference on Information Technology Evaluation, Jurnal Electronik Sistem Informasi Teknologi vol. 6 pp. 165-176.
Sevile, E., Brunsdon, D., Dantas, A., Masurier, J. L., Wilkinson, S., & Vargo, J. (2008). Organisational Resilience: Researching the Reality of New Zealand Organisation. ResearchGate, 1-9
Syarifah, Andimi Hana dan Fauziyah, (2017), Pengaruh Adopsi Teknologi Informasi Pada Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah (Studi Pada UKM Di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta), Vol 8, No 2.
Utari, Tri.,Dewi, Putu Martini, (2014). Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan dan Teknologi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kawasan Imam Bonjol Denpasar Barat. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana Vol. 3, No. 12.
Warsita, B. (2011). Landasan Teori Dan Teknologi Informasi. Jurnal Teknodik Vol. XV No. 1, Juli 2011
Anggraeni, Widya, and Budi Hermana, (2009). Pengukuran Kinerja Pengelolaan Rantai Pasokan Pada PT. Crown Closures Indonesia, Universitas Gunadarma.
Matandra, Zulkarnain (2018), Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Produktivitas Dan Kinerja Karywan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Wilayah Kota Makassar, Skripsi.
Nagy, Delmer (2010), Understanding Organizational Adoption Theories Through the Adoption of Dirsuptive Innovation: Five Cases of Open Source Software. Graduate Theses and Dissertations.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.