ANIMASI 2D TUNTUNAN SHOLAT FARDHU

Authors

  • Sri Heneng Prasastono Politeknik Pratama Purwokerto
  • Mohammad Hidayatul Holili Politeknik Pratama Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurimbik.v2i1.105

Keywords:

Multimedia, Interaktif, Tuntunan Sholat

Abstract

Perkembangan ilmu dan teknologi komputer yang pesat membawa dampak positif bagi dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan yang merupakan aspek penting dalam membangun sumber daya manusia yang handal dan berkualitas, teknologi informasi akan membawa perubahan yang berarti dalam hal sistem pendidikan yang akan dikembangkan. Komputer multimedia merupakan salah satu perkembangan dari teknologi komputer. Komputer multimedia memungkinkan penggabungan teks, suara, grafik, serta animasi untuk media penyampaian informasi yang lebih menarik dan memberikan pemakai untuk berinteraksi dengan program multimedia, sehingga dengan software tertentu, pemakai dapat melakukan eksperimen.

Masalah-masalah dalam proses pembelajaran seperti kejenuhan dan kurangnya semangat siswa, gangguan dalam kelas, serta perhatian siswa yang rendah karena mengantuk perlu segera diatasi. Salah satu solusi pemecahannya adalah dengan penggunaan media pembelajaran. Media animasi merupakan salah satu contoh pemanfaatan teknologi dalam menunjang proses pembelajaran sholat. Tujuan dari penelitian ini adalah dengan mempelajari animasi tuntunan Sholat akan lebih menarik perhatian siswa-siswi untuk memahami dan mempelajari tata cara sholat yang benar. Hasil penelitian ini yaitu program Animasi 2D Sholat dengan  Adobe Flash yang memiliki kemampuan memberikan gambaran tentang tata cara belajar shalat serta mengaplikasikan ilmu tersebut saat melaksanakan shalat.

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Sri Heneng Prasastono, & Mohammad Hidayatul Holili. (2022). ANIMASI 2D TUNTUNAN SHOLAT FARDHU. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(1), 20–32. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v2i1.105