PENGARUH SUMBER DAYA MANUSIA(SDM) DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERANGKAT DESA LEU KABUPATEN BIMA

Authors

  • Devi Indah Sari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) BIMA
  • Wulandari Wulandari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) BIMA

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurimbik.v2i2.144

Abstract

Kualitas sumber daya manusia yang baik penting dimiliki oleh setiap organisasi agar pekerjaan yang telah di rencanakan bisa terpenuhi atau tercapai dengan baik. Kualitas sumber daya manusia dan budaya organisasi yang selalu berorientasi pada jasa pelayanan yang berkualitas sebagai usaha untuk memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh sumber daya manusia dan budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan perangkat desa leu kabupaten bima. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 41 orang dengan menggunakan tekhnik pengambilan sampel jenuh yaitu seluruh pegawai di kantor desa leu dijadikan sampel dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa sumber daya manusia dan budaya organisasi terdapat pengaruh secara bersama-sama terhadap kualitas pelayanan perangkat desa Leu Kabupaten Bima.

References

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendektan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifudin. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dahlan, Hermanu Iriawan. 2018. “Pengaruh Manajemen SDM Dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Tamalate Kota Makassar.” (i): 113–22.

Ghozali, Imam. 2016. “Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8).” Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro 96.

Herawati. 2018. “Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor Camat Sanggar Kabupaten Bima.” : 1–7.

Husain. 2011. “Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor Camat Sanggar Kabupaten Bima.” : 1–7.

Jalaludin. 2013. “Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor Camat Sanggar Kabupaten Bima.” : 1–7.

Jamaludin. 2017. “Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor Camat Sanggar Kabupaten Bima.” : 1–7.

Kadafi, Muamar, and Kartin Aprianti. 2021. “Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor Camat Sanggar Kabupaten Bima.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 13(April): 15–38.

Maharani. 2018. “Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor Camat Sanggar Kabupaten Bima.” : 1–7.

Okyere, E. (2011). analisis kualitas pelayanan wesel pos terhadap tingkat kepuasan pelanggan pada PT. POS INDONESIA (persero) cabang masamba kabupaten luwu utara. Phys. Rev. E, June, 53.

Radiany. (2013). pengaruh manajemen sumber daya manusia dan budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan pada kantor camat sanggar kabupaten bima. 1–7.

Sugiyono. 2016. Bandung: Alfabeta Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

Downloads

Published

2022-06-08

How to Cite

Devi Indah Sari, & Wulandari Wulandari. (2022). PENGARUH SUMBER DAYA MANUSIA(SDM) DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERANGKAT DESA LEU KABUPATEN BIMA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(2), 97–110. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v2i2.144