HIBURAN MEDIA (TEORI TEORI UNIVERSAL HIBURAN MEDIA , HIBURAN SEBAGAI MESIN EMOSI, HIBURAN SEBAGAI KOMUNIKASI, TEORI HIBURAN INTERAKSI)

Authors

  • Makmur Jaya IAIN TAKENGON
  • Rita Zahara UINSU MEDAN

DOI:

https://doi.org/10.55606/juitik.v2i1.237

Keywords:

Hiburan Media, Komunikasi, Emosi, Interaksi dan Dakwah.

Abstract

Tulisan ini berjudul hiburan media (teori-teori universal hiburan media, hiburan sebagai mesin emosi, hiburan sebagai komunikasi  dan teori hiburan interaksi). Tujuan makalah ini adalah untuk mengetahui hiburan media  dalam kajian ilmu komunikasi. Adapun yang menjadi kajian dalam tulisan ini adalah hiburan media yang merupakan suatu alat yang dapat membuat seseorang menjadi senang dan terhibur, media ini telah dijadikan sebagai media dakwah, karena dalam media tersebut terdapat teori-teori universal hiburan media, dimana pesan-pesan informasi yang di dapatkan melalui media atau sarana tersebut, kini mudah didapatkan oleh para pencari informasi, kemudian dalam kajian ini terdapat hiburan sebagai mesin berdasarkan hasil pembahasan yang pemakalah dapatkan hiburan sebagai mesin emosi, maksudnya menurut pemahaman penulis yaitu bahwa dari pesan-pesan informasi yang ditemukan dalam media tersebut dapat mengakibatkan atau menimbulkan berbagai emosi. Emosi atau emosional yang dimaksudkan adalah kecerdasan atau daya fikir dalam memaknai pesan yang diterima atau yang di sampaikan dalam media tersebut, jika dikaitkan dengan dakwah, pesan-pesan dakwah yang disampaikan atau yang diterima melalui media tersebut harus didasari dengan kecedasasan dan daya fikir yang logis dan meyakinkan. Kemudian hiburan sebagai komunikasi adalah pesan yang diterima atau yang tersampaikan dalam media tersebut mampu menguragi rasa sedih, kecewa, galau, dan perasaan yang tidak enak lainnya, semuanya bisa didapatkan dalam media tersebut. Media sebagai intraksi maksudnya media yang tidak mengenal ruang dan waktu manusia tidak terlepas dari media tersebut sehingga menimbulkan efek sosial yang begitu luas

References

Abdul Halik. 2013. Komunikasi Massa, Makasar: Alauddin University Press.

Abdul Karim, https://core.ac.uk/download/pdf/84459577.pdf, diakses pada: 25 Oktober 2020.

Azhar Rasyad. 2011. Media Pembelajaran, Jakarta: PT Grafindo Persada.

Cahyo, https://www.kompasiana.com/www.radencahyoprabowo.blogspot.com, diakses pada: 25 Oktober 2020.

Dian Indriana. 2011. Ragam Alat Bantu Pengajaran,cet pertama, Jogjakarta: DIVA Press.

Elvinaro Ardianto, dkk. 2009. Komunikasi Massa Suatu Pengantar Edisi Revisi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Endang Rahmawati. 2018. Kecerdasan Emosional Para Da’i Dalam Aktivitas Dakwah, Jurna Vol. 1 No. 2.

https://pakarkomunikasi.com/fungsi-komunikasi-dalam-hiburan, diakses pada: 25 Oktober 2020.

https://www.google.com/search?q=definisi+hiburan+sebagai+mesin+emosi+menurut+zillman&oq=&aqs=chrome.0.69i59l8.2949759j0j15&sourceid=chrome&ie=UTF-8, diakses pada: Oktober 2020.

https://www.kompasiana.com/www.radencahyoprabowo.blogspot.com/5d30566b097f3650f61a53d2/youtube-media-hiburan-dan-ide-kreatif-masyarakat indonesia#:~:text=Media%20Hiburan%20adalah%20suatu%20saluran,penontonnya%20jadi%20bahagia%20dan%20tertawa.

Idi Subandi Ibrahim. 2004. Sirnanya Komunikasi Empatik: Krisis Budaya Komunikasi dalam Masyarakat Kontemporer, Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Ina, Emosi Dalam Psikologi, https://dosenpsikologi.com/emosi-dalam-psikologi, diakses pada: 25 Oktober 2020.

Japarudin. 2012. Media Massa Dan Dakwah, Jurnal Vol. XIII No. 1.

M uhyidin, Asep dan Syafei, Ahmad. 2002. Metode Pengmbangan Dakwah, Bandung : Pustaka Setia.

McLuhan, M. 1963. The Gutenberg Galaxy, Toronto: University of Toronto Press.

Nurul Syobah. 2013. Konstruksi Media Massa Dalam Pengembangan Dakwah, Jurnal Vol. 14 No. 2.

Ropingi el Ishaq. 2014. Hiburan Dan Dakwah: Sebuah Era Baru Dakwah Islamiyah, Jurnal, Vol. 2 No. 1.

Rudolf F. Verderber. 2005. Communicate, USA: Wadsworth.

Samhis Setiawan, https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-emosi/, diakses pada: 25 Oktober 2020.

Wilbur Schramm and Donald F. Roberts. 1990. The process and effects of mass communication, New Haven: Wil

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Makmur Jaya, & Rita Zahara. (2022). HIBURAN MEDIA (TEORI TEORI UNIVERSAL HIBURAN MEDIA , HIBURAN SEBAGAI MESIN EMOSI, HIBURAN SEBAGAI KOMUNIKASI, TEORI HIBURAN INTERAKSI). Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 2(1), 71–87. https://doi.org/10.55606/juitik.v2i1.237

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.