STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TRANSPORTASI ONLINE (GRAB)
DOI:
https://doi.org/10.55606/juitik.v2i3.311Keywords:
Komunikasi Pemasaran, Transportasi Online Grab.Abstract
Pendahuluan: Perkembangan zaman dewasa ini mengantarkan dunia era globalisasi yang ditandai dengan kemajuan pada perkembangan teknologi termasuk di dalamnya yaitu teknologi informasi dan komunikasi. Tujuan dari penelitian ini, adalah mengetahui strategi komunikasi pemasaran transportasi online khususnya grab. Metode: Penelitian ini, merupakan penelitian literatur dimana data dikumpulkan dengan menggunakan kata kunci di database. Pencarian sumber literatur, dilakukan dengan bantuan operator Boolean dan menggunakan format PICO. Hasil pemilihan artikel, menggunakan PRISMA Flow Diagram. Hasil pencarian, ditemukan 62 artikel yang sesuai tema penelitian. setelah melakukan screening yaitu rentang waktu 2015 – 2021 dengan jurnal bahasa indonesia, diperoleh 52 artikel. Pada akhirnya, artikel yang digunakan sebagai sumber literatur, sebanyak 1 artikel. Hasil: Berdasarkan analisis temuan penelitian, yang didukung dengan sumber pustaka menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran transportasi online (grab) yaitu : sosial media, atribut grab, iklan, pengembangan aplikasi dan melakukan komunikasi. Kesimpulan: Grab merupakan salah satu dari sekian alternatif transportasi online, sehingga dalam pemasarannya menghadapi persaingan dengan transportasi online lainnya. Maka dari itu diperlukan adanya strategi komunikasi pemasaran yang sesuai agar bisa bersaing dengan transportasi online lain.
References
Cahyono, Arie. 2019. Menciptakan Sebuah Kekuatan Komunikasi Efektif, Jawa Timur : Penerbit Uwais Inspirasi Indonesia
Zed, Mestika. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta : Yayasan Obor Indonesia
Fakultas Kesehatan. 2020. Panduan Teknis Penulisan Penelitian Systematic Review, Universitas Kristen Indonesia Maluku
Kartajaya, Hermawan. 2007. Hermawan Kartajaya On Marketing Mix Seri 9 Elemen Marketing, Bandung : Penerbit Mizan
Kurniawan, R. & Fajarini, SD. (2020). Pola Komunikasi Pemasaran Jasa Transportasi Online (Studi Pada Grab Di Kota Bengkulu). J-Sikom, 27-37
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.