Implementasi Media Pembelajaran Sholat Sunah Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android

Authors

  • Nurslama Br Siregar Universitas Potensi Utama
  • Siti Aliyah Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.55606/juitik.v3i1.372

Keywords:

Augmented Reality, media pembelajaran sholat sunah

Abstract

Permasalahan yang ada pada system yang sudah ada yaitu kurangnya minat belajar anak-anak dalam membaca buku serta sulit dalam memahami sebuah materi tanpa edukasi media pembelajaran dan pemahaman anak-anak yang masih kurang dalam mempelajari bacaan sholat sunah yang baik. Augmented Reality merupakan teknologi yang dapat menciptakan interaksi antara dunia nyata dengan dunia maya, semua informasi dapat ditambahkan sehingga informasi tersebut ditampilkan secara real time seolah- olah informasi tersebut menjadi interaktif dan nyata. Augmented Reality dapat digunakan untuk membantu memvisualisasikan konsep abstrak untuk pemahaman dan struktur suatu model objek. Saat ini Augmented Reality banyak digunakan dalam bidang game, kedokteran, dan image processing, sedangkan dalam bidang pendidikan masih jarang digunakan. Dengan ini saya akan membuat media pembelajaran sholat sunah dengan menggunakan Augmented Reality berbasis android untuk belajar diusia dini dengan cara mendengarkan,dan mengulanginya. Agar membentuk anak-anak yang aktif, interaktif, dan multitasking. Hasil dari penelitian ini yaitu Teknologi Augmented Reality memudahkan proses pembelajaran Sholat Sunah secara lebih nyata, tanpa membutuhkan alat peraga sebenarnya dan aplikasi sistem yang dibangun dapat membantu anak-anak untuk mempelajari tata cara dan waktu pelaksanaan sholat sunah.

 

 

References

Jarjis, M., Stephanie, W. J., Riyanta, D., Mandasari, R. I. M., & Pudjoatmodjo, B. (2018). SholatKu: Aplikasi pengenalan sholat sunnah untuk anak- anak berbasis Augmented Reality. eProceedings of Applied Science, 4(2).

Noor, M., & Oktaviani, N. (2017). Aplikasi Pembelajaran Sholat Sunnah Berbasis Web Mobile. Jurnal Sains dan Informatika, 3(1), 43-48.

Putra, D. M. S. (2017). Pemanfaatan Engine Vuforia untuk Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Metode Pembelajaran Sholat Berbasis Mobile. J-INTECH, 5(02), 71-81.

Anugerah, A. K., Nurhasanah, Y. I., & Utoro, R. K. (2018). Pendeteksian Markerless Pada Aplikasi Augmented Reality (AR) Tuntunan Shalat Sesuai Mazhab Syafi’i Menggunakan Algoritma FAST. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 4(1), 17-28.

Herlandy, P. B., & Mukhtar, H. (2018). Buku Bergambar sebagai Media Pembelajaran Kisah Sahabat Nabi dengan Pemanfaatan Augmented Reality. Rabit: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, 3(1), 228.

Anggara, M. A., Ernawati, A., & Lestari, M. (2019). Transisi Ruang Pada Bangunan Pusat Perlengkapan TNI–POLRI Dengan Pendekatan Simbolisasi Arsitektur. In Seminar Nasional Komunitas dan Kota Berkelanjutan (Vol. 1, No. 1, pp. 333-337).

Widyastuti, N. (2019). Pengembangan Radio MBS 107.80 FM Berbasis Aplikasi Android. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 125-138.

Heriyanto, Y. (2018). Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT. APM Rent Car. Jurnal Intra Tech, 2(2), 64-77.

Celo Belia Putri Birastuti, Fatah Yasin Al Irsyadi (2019). Pembuatan Game Edukasi Tuntunan Sholat Fardhu Untuk Anak Berbasis Android. Jurnal teknik elektro( Vol. 19, No. 02).

Erwin Setiawan, Undang Syaripuddin(2017). Implementasi Teknologi Augmented Reality Pada Buku Panduan Wudhu Berbasis Android. UIN Sunan Gunung Jati Bandung (Vol.1, No.1).

Sandy Anugrah, Erick Pernando(2017). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Tuntunan Sholat Ibtidaiah Nurul Hidayah Berbasis Android. STIKOM Dinamika Bangsa(Vol.12, No.2).

Dawang Mahendra(2017). Pemanfaatan Engine Vuforia Untuk Implementasi Teknologi Augmented Reality Dalam Metode Pembelajaran Sholat Sunah Berbasis Mobile. STIKI Malang(Vol.3, No. 2).

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Nurslama Br Siregar, & Siti Aliyah. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Sholat Sunah Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 3(1), 32–45. https://doi.org/10.55606/juitik.v3i1.372

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.