Pengaruh Fasilitas Kerja Dan Kemampuan Komunikasi Aparat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Desa Kanaungan Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan

Authors

  • Wahyuni Wahyuni Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Edi Jusriadi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sitti Nurbaya Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurimea.v5i3.989

Keywords:

Fasilitas Kerja, Kemampuan Komunikasi, Kualitas Pelayanan Publik

Abstract

This study aims to determine and analyze the Influence of Work Facilities and Communication Skills of Apparatus on the Quality of Public Services in Kanaungan Village, Labakkang District, Pangkajene and Kepulauan Regency. This type of research is quantitative. The data collection method used is observation and distribution of questionnaires to respondents, namely the community. The sampling data collection technique uses the Slovin formula. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. Based on the results of statistical calculations through the statistical for the social sciences (SPSS) application regarding work facilities and communication skills of civil servants on the quality of public services in Kanaungan Village, Labakkang District, Pangkajene and Kepulauan Regency, the author draws the conclusion that work facilities and communication skills of civil servants have a positive and significant effect on the quality of public services.

References

Akbar, A. K., Praja , Y., & Ayu , R. P. (2024). Pengaruh Budaya Organisasi, Fasilitas Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Asn Dengan Kepuasan . Jurnal Mahasiswa Entrepreneur .

Arni, Jusriadi, E., & Risfan , A. R. (2024). Influence of Work Facilities and Abilities Village Officials . Agency Journal Of Management And Business.

Auliyah, A., & Putu, I. A. (2019). The Influence of Work Facilities, Rewards, and Work Environment on Improving Employee Performance at . Narotama University, Faculy Of Economi And Business.

Bagum, P., & Robiatul , P. A. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Masyarakat Pengguna Layanan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tolikara . Jurnal Ilmu Sosial .

Haspianti, M., & Jusriadi, E. (2024). Pengaruh Pelatihan Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Sulselbar Cabang Kabupaten Luwu Timur . Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis.

Jayanti, E. D. (2024). Pengaruh Lingkungan Kerja, Fasilitas Kerja Dan Kepuasaan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen .

Junaidi, Zalisman , Yusri, Y., Amin, K., & Wismanto. (2023). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Lembaga Pendidikan Islam . Journal on Education.

Khariri, L. E., & Suryani, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Disiplin Kerja, Komunikasi Interpersonal dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat. Business And Accounting Education Journal.

Nirmala, I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat . Jurnal Komunikasi & Administari Publik.

Rochmah, E., & Rosy, B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Masyarakat . Jurnal Ilmu Administrasi Publik.

Romi, H., Misransyah, & Risal, S. (2024). Pengaruh Fasilitas Kerja Terhadap Kepuasaan Masyarakat Yang Dimediasi Dengan Kualitas Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Kepuas Barat. Administraus Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen.

Satriawan, & Siswanto, T. (2024). Pengaruh Komunikasi Dan Keperibadian Terhadap Kepuasaan Masyarakat Pada Bagian Pelayanan Publik Di Kantor Desa Dasan Geria. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis.

Simarmata, L. A., & Munthe, R. (2024). Pengaruh Fasilitas Kerja Terhadap Kepuasaan Kerja Karyawan PT. Anugrah Kreasindo Tama Kota Medan. Psikologika Journal .

Susanto, P. C., Ulfah , D. A., Yuntina , L., Panatap, J. S., & Nuraeni. (2024). Konsep penelitian Kuantitatif . Jurnal Ilmu Multidisiplin.

Tajuddin, A. M., Nurbaya, S., & Marhumi, S. (2024). The Influence of Work Facilities on Employee Performance at the UPT Office of the . International Journal Of Economi Research And Financial Accounting .

Wahyudi, D., Marantika, A., & Yusup. (2022). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Dan Fasilitas Kantor Terhadap Kinerja Perangkat Desa Di Kecamatan Kampar. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah .

Yunita, K., & Susiani. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Desa Catur Karya Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong.

Downloads

Published

2025-11-08

How to Cite

Wahyuni Wahyuni, Edi Jusriadi, & Sitti Nurbaya. (2025). Pengaruh Fasilitas Kerja Dan Kemampuan Komunikasi Aparat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Desa Kanaungan Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 5(3), 108–120. https://doi.org/10.55606/jurimea.v5i3.989

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.