PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN, LAMA USAHA DAN UKURAN USAHA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN UMKM

Authors

  • Rika Rahmadani Rika UIN STS JAMBI
  • Rafidah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Khairiyani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurimea.v2i2.146

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan latar belakang pendidikan, lama usaha, dan ukuran usaha terhadap kualitas laporan keuangan UMKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif, Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling Jumlah responden mencapai 100 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan, lama usaha dan ukuran usaha secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas pelaporan keuangan UMKM. lama usaha dan ukuran usaha memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Dan latar belakang pendidikan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kualitas laporan keuangan.

References

Almujab, Saiful. Pengaruh Akuntansi Berbasis Etap Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Umkm, 2017.

Baridwan, Zaki. Intermediate Accounting. Yogyakarta, 2004.

Cahyani, Afida Dwi. Pengaruh Akuntansi Berbasis Sak Emkm, Kualitas Sumber Daya Manusia, Dan Karakteristik Usaha Terhadap Kualitas Laporan Keuangan, 2020.

Chairunnisa, Connie. Manajemen Pendidikan Dalam Multi Perspektif. 1st ed. Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2016.

Fabillah, Ikhsan Habib. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Ukuran Usaha Dan Lamanya Usaha Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Umkm Dalam Prespektif Akuntansi Syariah, 2019.

Husaini, Ayu Fadhlani. Pengaruh Modal Kerja, Lama Usaha, Jam Kerja Dan Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Monza Di Pasar Simalingkar Medan, 2017.

Kasmir. Analisis Laporan Keuangan. 8th ed. Jakarta: Grafindo Persada, 2015.

Lestari, Wahyu Sri. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Berbasis Sak–Etap Pada Umkm, 2017.

Rahmawati, Teti. Implementasi Sak Etap Dan Kualitas Laporan Keuangan Umkm Terkait Akses Modal Perbankan, 2017.

Rika, Rindu. Kualitas Laporan Keuangan Dan Kemanfaatannya, 2018.

Rudiantoro, Rizki and Siregar. Kualitas Laporan Keuangan UMKM Serta Prospek Implementasi SAK ETAP, 2012.

Sholeh, Moh Adam. Pengaruh Kualitas Sdm, Ukuran Usaha Dan Lama Usaha Terhadap Pemahaman Umkm Dalam Menyusun Laporan Keuangan Berdasarkan Sak Emkm, 2020.

Suryati, Indah. Pengaruh Ukuran Usaha Dan Sumber Modal Terhadap Penerapan Standar Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Bidang Jasa Atau Pelayanan Laundry Di Kecamatan Makasar Tahun 2019.

Susfayetti. Pengaruh Pemahaman Teknologi Informasi, Kualitas Pendidikan, Lama Usaha Dan Ukuran Usaha Terhadap Penerapan Sak Etap Pada Ekonomi Kreatif (Studi Kasus Pada Umkm Di Kota Jambi), 2018.

Downloads

Published

2022-07-12

How to Cite

Rika, R. R., Rafidah, & Khairiyani. (2022). PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN, LAMA USAHA DAN UKURAN USAHA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN UMKM. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 2(2), 23–31. https://doi.org/10.55606/jurimea.v2i2.146

Most read articles by the same author(s)