STRATEGI PEMASARAN DALAM PENINGKATAN PENJUALAN KERIPIK KELADI (STUDI KASUS: UD KARMINA KOTA SORONG)

Authors

  • Muh Haidir Hakim Politeknik Negeri Fakfak
  • Aulia Saraswati Politeknik Negeri Fakfak
  • Dian Ayu Zulfina Politeknik Negeri Fakfak

DOI:

https://doi.org/10.55606/juitik.v2i1.200

Keywords:

Kiripik Keladi, Strategi Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Faktor internal yang mempengaruhi Strategi Pemasaran Dalam Peningkatan Penjualan Keripik Keladi (Studi Kasus: UD Karmina Kota Sorong). Faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi Strategi Pemasaran  Dalam Peningkatan Penjualan Keripik Keladi (Studi Kasus: UD Karmina Kota Sorong). Metode analisis penelitian ini dengan metode dekskritif kualitatif melalui studi kasus dengan menggunakan analisis SWOT.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Faktor internal dalam UD Karmina kekuatan meliputi harga kiripik keladi stabil dan kualitas produk baik. Adapun kelemahan meliputi kemasan yang masih kurang menarik dan masih memiliki ketergantungan keladi impor (luar sorong). Faktor eksternal dalam strategi pemasaran UD Karmina yakni dari segi peluang yaitu memiliki konsumen tetap dan ancamannya yaitu proses pengiriman bahan baku yang cukup lama serta adanya keladi yang membusuk.

References

Ciptono, Fandy, 2000, Strategi Pemasaran. Andi Offset, Yogyakarta8

Gonçalves RF, Silva AMS, Silva AM, Valentão P, Ferreres F, Izquierdo AG, Silva JB, Santos D, and Andrade PB. (2013). Influence of taro (Colocasia esculenta L. Shott) growth conditions on the phenolic

Hartati, N.S., Prana, T.K. (2003). Analisis kadar pati dan serat kasar tepung beberapa kultivar talas (Colocasia esculenta L. Schott). Jurnal Natur Indonesia. Vol. 6(1), pp. 29-33.

Kasmir, 2011, “Analisis Laporan Keuangan”, Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Sondang Siagian, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Bandung.

Sudomo Aris, Aditya Hani (2014). Produktivitas talas (Colocasia esculenta L. Shott) di bawah tiga jenis tegakan dengan sistem agroforestri di lahan hutan rakyat. Jurnal Ilmu Kehutanan. Vol. 8(2), pp. 100- 107.

Suismono (2011). Teknologi pembuatan tepung dan pati ubi-ubian untuk menunjang ketahanan pangan. Majalah Pangan. Vol.10 (37). Penerbit: Puslitbang Bulog, Jakarta.

Sulistiyawati PV, Kendarini N, dan Respatijarti (2014). Observasi keberadaan talas-talasan genus Colocasia dan Xanthosoma di Kec. Kedungkandang Kota Malang dan Kec. Ampelgading, Kabupaten Malang. Jurnal Produksi Tanaman. Vol. 2(2), pp. 86-93.

Syarifa Ramadhani Nurbaya , Teti Estiasih (2013). Pemanfaatan talas berdaging umbi kuning (Colocasia esculenta L. Shott) dalam pembuatan cookies. Jurnal Pangan dan Agroindustri. Vol. 1(1), pp. 46-55

Downloads

Published

2022-07-21

How to Cite

Muh Haidir Hakim, Aulia Saraswati, & Dian Ayu Zulfina. (2022). STRATEGI PEMASARAN DALAM PENINGKATAN PENJUALAN KERIPIK KELADI (STUDI KASUS: UD KARMINA KOTA SORONG). Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.55606/juitik.v2i1.200

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.