BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) CRAB FOOD MC DI KELURAHAN TELUK LERONG ULU KOTA SAMARINDA KALIMANTAN TIMUR

Authors

  • Muh Isram Idris Universitas Mulawarman
  • Elly Purnamasari Universitas Mulawarman
  • Etik Sulistiowati Ningsih Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i2.519

Keywords:

marketing mix. UMKM Crab Food MC

Abstract

This study aims to determine the application of the 7P marketing mix marketing mix to UMKM Crab Food MC, Teluk Lerong Ulu Village, Samrinda City. This research was conducted from May 2022 to April 2023 at UMKM Crab Food MC. The sample size is 21 respondents using purposive sampling and accidental sampling methods. The results of the study show that MSME Crab Food MC has been quite effective in implementing the 7p marketing mix marketing concept well. The variables that are already good include product, price, promotion, process and people or 5P which have been maximally carried out by MSME Crab Food MC. In addition, variables that must be improved include place variables, and physical condition variables, (2p) as well as being more creative in promoting existing products. This is based on the results of a simple SWOT analysis of marketing mix variables. Therefore the owner can increase marketing mix variables that are not yet optimal so that MSME Crab Food MC can develop better and get maximum profits

References

Dita, A. 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Manajerial, 79

Farida, Ida, A, Tarmizi, dan Y, November. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online, Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, Vol.1, No.1, Juni 2016.

Fandy Tjiptono, Pemasaran :Esensu dan Aplikasi,(Yogyakarta : Penerbit ANDI, 2016), h.195

Gitosudarno, I. 2011. Pengantar Bisnis. Yogyakarta: BPEE.

Kotler, P dan A.B Susanto. 2006. Manajemen pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.22

Kottler,P. & Gray Amstrong. 2008. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Erlangga Kottler, P. &

Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Indeks

Nitisusastro, M. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan, (Bandung: Alfabeta, 2013) hal 141-142

Nurdin, F. R. (2016). Analisis Strategi Pemasaran dan Penjualan . Jakarta: Bumi Aksara.

Putri, E. H. 2017. Efektivitas Pelaksanaan Program Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Samarinda (Studi Pada Dinas Koperasi Dan UMKM Kota Samarinda). Journal Administrasi Negara, Vol. 5 (1). 5431 – 5445

Samarinda, B. P. 2021. Kota Samarinda Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kota Samarinda, 49

Sarini, S. 2018. Strategi marketing dalam meningkatkan produk tabungan emas pada PT. Pegadaian syariah cabang Banda Aceh. 15

Sunarto. 2014. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: AMUS.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2015 .Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung: Alfabeta

Tambunan, Tulus T.H. UMKM di Indonesia. Bogor : Ghalia Indonesia. 2009. hal.17

Undang-Undang No.20 pasal 6 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

Widarko, Agus dan Hairuddin. 2012. Pengaruh Kinerja Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Nilai Pelanggan pada RestaurantIkan Bakar Nia di Malang. Jema. Vol 10. No. 1. Oktober 2012

Yanti, P, D. 2021. Analisis Penerapan Marketing Mix Untuk Meningkatkan Penjualan Souvenir Aceh. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Idris, M. I. ., Purnamasari, E. . ., & Ningsih, E. S. . (2023). BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) CRAB FOOD MC DI KELURAHAN TELUK LERONG ULU KOTA SAMARINDA KALIMANTAN TIMUR. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(2), 262–280. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i2.519

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.