PUPUK BUBUK KOPI (PUBUK) IDE BISNIS SOSIAL DAUR ULANG AMPAS KOPI
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i2.448Keywords:
Ide Bisnis, Pupuk Organik, Ampas KopiAbstract
Kegiatan ini dilaksanakan untuk merancang bisnis yang berbasil sosial. Tren konsumsi minuman kopi yang semakin meningkat diberbagai kalangan mendorong peluang bisnis usaha coffee shop. Maraknya bisnis coffee shop membuat persaingan yang tinggi antar kompetitor. Limbah yang dihasilkan oleh coffee shop adalah ampas kopi dari hasil penyeduhan. Ampas kopi ini pada umumnya akan dibuang setelah proses esktraksi produk. Ampas kopi diketahui memiliki manfaat sebagai penyubur tanaman. Hal ini menjadi ide bisnis pemanfaatan ampas kopi sebagai pupuk. Bisnis ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah hasil olahan coffee shop menjadi sebuah pupuk organik. Hasil rancangan ide bisnis ini adalah produk yang dinamai PUBUK (Pupuk Bubuk Kopi). Pupuk Bubuk Kopi (PUBUK) merupakan ide bisnis yang dirancang berbasis sosial. Ide bisnis ini muncul karena tren minuman kopi di Kota Batam yang meningkat yang menargetkan kalangan dari usia muda sampai usia dewasa yang membuat peluang yang besar bagi pebisnis untuk membuka coffee shop di Kota Batam.
References
Ardhiansyah, F., & Pramelani, P. (2021). Implementasi Corporate Social Responsibility Berdasarkan Konsep Triple Bottom Line PT Bank Syariah XYZ Tahun 2018,2019 dan 2020. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (EK&BI), 4(1), 393–402. https://doi.org/10.37600/ekbi.v4i1.235
Gasper, D., Shah, A., & Tankha, S. (2019). The Framing of Sustainable Consumption and Production in SDG 12. Global Policy, 10(January), 83–95. https://doi.org/10.1111/1758-5899.12592
Michael, R., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2019). Program Csr Yayasan Unilever Indonesia Berdasarkan Teori Triple Bottom Line. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 23–31. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23116
Pangestu, F. P., Rahmadianti, N. S., Hardiyanti, N. T., & Yusida, E. (2021). Ekonomi Pancasila Sebagai Pedoman Dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan SDGs (Sustainable Development Goals) 2030. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan, 1(3), 210–219. http://conference.um.ac.id/index.php/esp/article/view/682
Putra, E. Y., & Indriani, V. L. (2023). The Role of Social Media in Increasing Sales in Resepi Village. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 807–820.
Putra, R. A., Sembiring, A. K., Anggraini, D. E., Sitanggang, L. B., Amar, M. R., Sihombing, P. R., & Susilawati, S. (2021). Penambahan Pupuk Organik Cair Dari Ampas Kopi Sebagai Nutrisi Pada Sistem Hidroponik terhadap Pertumbuhan Tanaman Selada (Lactuca sativa L). Seminar Nasional Lahan Suboptimal, 1(1), 891–899.
Rochmah, H. F., Kresnanda, A. S., & Asyidiq, M. L. (2021). Pemanfaatan Limbah Ampas Kopi Sebagai Upaya Pemberdayaan Petani Kopi Di Cv Frinsa Agrolestari, Bandung, Jawa Barat. Jurnal Sains Terapan, 11(2), 60–69. https://doi.org/10.29244/jstsv.11.2.60-69
Santosa, S. J. (2019). Pengaruh Limbah Ampas Kopi Dan Macam Media Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Sorgum Di Polybag. Innofarm:Jurnal Inovasi Pertanian, 20(2), 1–15. https://doi.org/10.33061/innofarm.v20i2.2556
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.