PENGARUH APLKASI TIK TOK SHOP TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen FEBI UINSU)

Authors

  • Diah Ananda Kharisma Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zuhrinal M Nawawi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i1.341

Keywords:

Kata Kunci : TikTok Shop, Minat Berwirausaha, Mahasiswa.

Abstract

Salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan saat ini adalah Tiktok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Aplikasi Tik Tok Shop Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen FEBI UINSU). Dalam studi kuantitatif ini, individu dipilih dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, dan data dikumpulkan melalui kuesioner online kepada 50 mahasiswa Manajemen FEBI UINSU yang belum pernah menggunakan aplikasi TikTok Shop untuk berwirausaha dengan mengumpulkan data diberikan kuesioner online. Berdasarkan temuan penelitian tersebut, mahasiswa Manajemen FEBI UINSU mempersepsikan kemudahan, dengan 90% setuju bahwa penggunaan fitur TikTok Shop menawarkan banyak kemudahan, keuntungan, dengan 85,56% dari mereka setuju bahwa penggunaan fitur TikTok Shop memberikan keuntungan saat bertransaksi, dan risiko yang dirasakan, dengan 93,35% dari mereka percaya bahwa menggunakan fitur Toko TikTok menawarkan risiko yang kecil. Dapat disimpulkan bahwa manfaat, kemudahan, dan bahaya yang dirasakan mahasiswa Manajemen FEBI UINSU mempengaruhi penggunaan fitur TikTok Shop dalam berwirausaha.

References

Apriyani, Nadiya Rizky, Saida Zainurossalamia ZA, Sherina Elvira Nur Ramadhani, Vazha Tania Soraya Vauza, Salma Nabila, and Andre Andre. 2022. “Motivasi Belajar Untuk Menumbuhkan Minat Berwirausaha Dengan Memanfaatkan Digital Marketing Sebagai Peluang Bisnis Pada Siswa SMK Negeri 4 Samarinda.” Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat) 2(3):160–64. doi: 10.55382/jurnalpustakamitra.v2i3.206.

Bimrew Sendekie Belay. 2022. No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים.

ENDANG, R., A. L. Azizah, D. Kathairmalainathan, C. K. Wang, P. K. Wong, F. Wilson, J. Kickul, D. Marlino, S. D. Barbosa, ..., N. Caska, H. Indrawati, U. A. Osakede, A. O. Lawanson, and ... 2017. “ANALISIS PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Mahasiswa Jurusan ….” Journal of ….

Rodrigo Garcia Motta, Angélica Link, Viviane Aparecida Bussolaro, Geraldo de Nardi Junior, Guida Palmeira, Franklin Riet-Correa, Valéria Moojen, Paulo Michel Roehe, Rudi Weiblen, Jael S. Batista, Francisco Silvestre B. Bezerra, Rodrigo A. Lira, José Ricardo G. Carvalho, Antonio M. Rosad. Neto, Alinson A. Petri, Marta Maria G. Teixeira, Franciéli Adriane Molossi, Bianca Santana de Cecco, Luan Cleber Henker, Thainã Piccolo Vargas, Marina Paula Lorenzett, Matheus Viezzer Bianchi, Cíntia De Lorenzo, Luciana Sonne, David Driemeier, Saulo Petinatti Pavarini, DIEGO LANER, Clairton Marcolongo-Pereira, Eliza S. V. Sallis, Fabiane B. Grecco, Margarida B. Raffi, Mauro Pereira Soares, Ana Lucia Schild, Pedro Quevedo, Natália D. Assis-Brasil, Glaucia D. Kommers, Clairton Marcolongo-Pereira, Mauro Pereira Soares, Gprs Dtu, M. A. D. P. L. C. Io, Fitria, Valéria Stacchini Ferreira Homem, Marcos Bryan Heinemann, Zenaide Maria Moraes, Silvio Arruda Vasconcellos, Fernando Ferreira, José Soares Ferreira Neto, Rosangela Poletto, Luiz Carlos Kreutz, João Carlos Gonzales, Leonardo José Gil Barcellos, Daniel R. Rissi, Fabiano N. Oliveira, Raquel Rubia Rech, Felipe Pierezan, Ricardo A. A. Antonio Amaral de Lemos, Claudio S. L. Barros, Erica Silva da Silveira, Márcia de Oliveira Nobre, Lorena Leonardo de Souza, Renata Osório de Faria, Marlete Brum Cleff, Mário Carlos Araújo Meireles, Emily Louise Middleton, Ricardo A. A. Antonio Amaral de Lemos, Raquel Rubia Rech, Euripedes Batista Guimarães, Adenan Kadri, Iveraldo dos Santos Dutra, Leticia Ferreira Baumbach, Amauri Alice Alfieri, and Amauri Alice Alfieri. 2021. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” Pesquisa Veterinaria Brasileira 26(2):173–80.

Sa’adah, Ai Nur, Ayu Rosma, and Dea Aulia. 2022. “Persepsi Generasi Z Terhadap Fitur Tiktok Shop Pada Aplikasi Tiktok.” Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan 2(5):131–40. doi: 10.55047/transekonomika.v2i5.176.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Kharisma, D. A. ., & Nawawi, Z. M. (2023). PENGARUH APLKASI TIK TOK SHOP TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen FEBI UINSU). Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(1), 22–31. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i1.341