EFKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE FORM SEBAGAI MEDIA PENILAIAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK

Authors

  • Melinda Wulandari IKIP PGRI Pontianak
  • Ade Elisabeth IKIP PGRI Pontianak
  • Cerdikusman Cerdikusman IKIP PGRI Pontianak
  • Sumardi Saputra IKIP PGRI Pontianak
  • Wahyuni Chantika IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55606/juitik.v2i3.322

Keywords:

google from, hasil belajar, efektivitas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan penggunaan Google Formulir untuk mengukur motivasi siswa dalam mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dengan bentuk penelitian survei ini, teknik kuantitatif diterapkan untuk penelitian ini. Populasi penelitian terdiri dari enam puluh siswa dan guru kelas X SMK Negeri Pontianak. Menurut temuan penelitian, Formulir Google adalah alat yang sangat sukses untuk mengukur motivasi siswa dalam mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Informasi ini dikumpulkan pada tanggal siswa mengisi kuesioner. Penilaian menggunakan Google Formulir lebih berhasil daripada evaluasi tradisional berbasis kertas. Evaluasi berbasis kertas mengeluarkan biaya yang lebih tinggi, namun kualitas tulisan terkadang buruk dan tidak terbaca. Meskipun evaluasi berbasis formulir Google lebih efektif dalam hal biaya dan tenaga, namun juga lebih efisien dalam hal waktu. Aplikasi ini tidak dapat digunakan secara efektif ketika terjadi gangguan sinyal, yang merupakan kelemahan dari Google Form.

 

References

Alwi, S. (2017). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilu Kependidikan, 8(2), 145–167. http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/download/107/65/

Ananda. (2019). Media Komunikasi: Fungsi, Jenis, Pengertian Menurut Para Ahli. Gramedia.Com.

Anggraeni, D., & Ishom, M. (2020). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE FORM. ACADEMIA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(1).

Anjani, A., Fitriani, D., Kaputri, M. D., & Mahmudah, I. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Form sebagai Media Evaluasi saat Penilaian Tengah Semester (PTS). Seminar Nasional Pendidikan Jurusan Tarbiyah Ftik Iain Palangka Raya. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/SNPJTFTIK/article/view/665

Ati Rosidah. (2021). Mengenal Kecanggihan Google Docs untuk Membuat Dokumen. BPMP Provinsi DKI Jakarta.

Elisa, E. (2022). Pengertian Media Pembelajaran. Educhannel.

Munawaroh, R. Z., Prastowo, A., & Nurjanah, M. (2021). Efektivitas Penilaian Pembelajaran Menggunakan Google Form pada Pembelajaran Daring. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2152

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. Pensa: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Riduwan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Rosana, A. S. (2010). Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Media di Indonesia. Gema Eksos, 5(2), 146–148. https://www.neliti.com/id/publications/218225/kemajuan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-industri-media-di-indonesia

Sosial, D. (2022). Google Forms : Pengertian , Fungsi dan Cara Membuatnya. PT Digital Startup Nusantara.

Santoso, P. B. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Penilaaian Google Form Terhadap Hasil Belajar Pelajaran TIK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL : Kebijakan dan Pengembangan, 289.

Stowell, J. R., & Bennett, D. (2010). Effects of Online Testing on Student Exam Performance and Test Anxiety. Journal of Educational Computing Research, 42(2), 161–171

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tampubolon, M. P. (2020). Change Management Manajemen Perubahan : Individu, Tim Kerja Organisasi.

Wibowo, D. A. (2021). EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SAAT PANDEMI COVID-19 DI SMAN KECAMATAN BANGUNTAPAN. In PROGRAM STUDI ILMU KEOLAHRAGAAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (Vol. 26, Issue 2). http://www.ufrgs.br/actavet/31-1/artigo552.pdf

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Melinda Wulandari, Ade Elisabeth, Cerdikusman, C., Sumardi Saputra, & Wahyuni Chantika. (2022). EFKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE FORM SEBAGAI MEDIA PENILAIAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 2(3), 09–16. https://doi.org/10.55606/juitik.v2i3.322

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.