Membangun Mail Server Berbasis Linux Menggunakan iRedMail

Authors

  • Mohamad Akbar Wisnu Nadyanto STIMIK ESQ Jakarta
  • Muhammad Varriel Avenazh Nizar STIMIK ESQ Jakarta
  • Nasrullah Nasrullah STIMIK ESQ Jakarta
  • Ahmad Nur Ihsan Purwanto STIMIK ESQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/juitik.v1i1.320

Keywords:

Mail Server, Sistem Operasi, iRedmail, Linux.

Abstract

Di era digital ini belum banyak orang yang mengetahui fungsi email. Padahal, dengan mengetahui fungsi email bisa memanfaatkan kehadirannya secara maksimal. Email merupakan sebuah surat elektronik yang digunakan sebagai sarana untuk berkirim dan menerima pesan dengan format digital. Dewasa ini mail server web hosting maupun tanpa hosting semakin marak digunakan karena dapat mempermudah aktivitas bertukar informasi antar karyawan maupun perusahaan. Terlepas dari itu, penggunaan mail server sedikit banyak juga mampu meningkatkan citra perusahaan karena alamat email menggunakan domain sebagai identitas perusahaan. Mail server mempermudah kita dan layanan ini menariknya dapat digunakan dengan menggunakan domain sendiri. Jika biasanya kita hanya menggunakan [email protected] atau [email protected] pada layanan kita, maka dengan menggunakan email Server, kita dapat melakukan konfigurasi untuk menggunakan Email dengan nama domain sendiri. Salah satu mail server yang cukup populer adalah iRedMail server, IRedmail merupakan salah satu solusi Email server open source pada Sistem Operasi Linux. IRedmail sendiri tersedia untuk Ubuntu, Centos, RedHat dan Debian. IRedmail menawarkan panel admin berbasis web, dimana pada panel tersebut kita dapat melakukan beberapa konfigurasi untuk pengoperasian Mail Server.

 

 

References

Aziz, Muhammad, Fuad, Achmad & Jamil, Mohamad. “Implementasi Cloud Computing Sebagai Infrastruktur Layanan Mail Server Pada Universitas Khairun”. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer) Ternate, Vol. 02 No. 1, April 2018.

Fernandy, Fendy & Suharyanto, Cosmas Eko. “Rancang Bangun Mail ServerDengan Microsoft Exchange Server Dan Postfix Relay Pada PT Alumindo Multi Persada.”. InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, Vol. 6 No. 1 September 2021.

Rafiudin, R. 2006. Membangun Server E-Mail Berbasis FreeBSD/Linux. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Downloads

Published

2021-03-27

How to Cite

Mohamad Akbar Wisnu Nadyanto, Muhammad Varriel Avenazh Nizar, Nasrullah , N. ., & Ahmad Nur Ihsan Purwanto. (2021). Membangun Mail Server Berbasis Linux Menggunakan iRedMail. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 1(1), 01–08. https://doi.org/10.55606/juitik.v1i1.320

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)