IMPLEMENTASI CLOUD COMPUTING PADA APOTEK DI BALI BERBASIS SOFTWARE AS A SERVICE (SAAS)

Authors

  • I Putu Gd Abdi Sudiatmika Institut Teknologi Dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali
  • I Gusti Ayu Sri Melati Institut Teknologi Dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali
  • I Made Onky Antara Institut Teknologi Dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali
  • I Putu Erwin Febriana

DOI:

https://doi.org/10.55606/juitik.v2i2.193

Keywords:

sistem informasi geografis, apotek, firebase, cloud computing, software as a service

Abstract

Semakin banyak jumlah apotek dalam suatu lokasi tentu memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat sekitarnya. Namun kenyataannya dengan jumlah apotek yang banyak tanpa informasi yang relevan dan akurat mengenai tata letak dan lokasi penyebaran justru menimbulkan kebingungan bagi masyarakat sekitarnya. Kesulitan menemukan lokasi apotek dalam suatu wilayah area tertentu sering terjadi di mana – mana terutama di provinsi Bali, sehingga mengakibatkan sejumlah apotek di Bali tidak dapat memenuhi kebutuhan farmasi masyarakat. Sebuah sistem informasi geografis yang menggunakan cloud computing berbasis software as a service (SAAS) yang dapat memberikan list obat pada setiap apotek di Bali serta memberikan informasi tentang lokasi apotek yang ada di Bali menjadi sebuah pemecah masalah tersebut. Sistem ini dibangun menggunakan Data Flow Diagram, Entity Relationship Diagram dan Firebase Database sehingga data dapat ditampilkan secara realtime. Pengujian yang dilakukan pada sistem ini menggunakan metode black box testing.

References

Achmad Fadri Saputra, Andi Patombongi, ”Pemetaan Apotek Di Kota Kendari Berbasis Web Gis (Geographic Information System),” Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, vol.2, no.1, pp.1-6, 2017.

Edwin Adrin Wihelmus Sanadi, Andani Achmad, Dewiani, “Pemanfaatan Realtime Database di Platform Firebase Pada Aplikasi E-Tourism Kabupaten Nabire,” Jurnal Penelitian Enjiniring, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, vol.22, no.1. pp.20-26, Mei 2018.

Andy Prasetyo Utomo, “Penerapan Konsep Saas (Software As A Service) Pada Aplikasi Penggajian,” Jurnal SIMETRIS, vol.6, no.1, April 2015.

Rifky Lana Rahardian, Linawati, Made Sudarma, ”Implementasi Layanan Cloud Computing Software As a Service Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah,” Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, vol.17, no.3, pp.365-369, Desember 2018.

Downloads

Published

2022-07-15

How to Cite

I Putu Gd Abdi Sudiatmika, I Gusti Ayu Sri Melati, I Made Onky Antara, & I Putu Erwin Febriana. (2022). IMPLEMENTASI CLOUD COMPUTING PADA APOTEK DI BALI BERBASIS SOFTWARE AS A SERVICE (SAAS). Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 2(2), 43–54. https://doi.org/10.55606/juitik.v2i2.193

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.