PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS SLIDE TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA DI MTI CANDUANG
DOI:
https://doi.org/10.55606/juisik.v2i3.351Keywords:
Pengaruh, Media Slide, Hasil BelajarAbstract
Media pembelajaran merupakan sesuatu baik itu berupa alat, bahan atau keadaan yang nantinya digunakan sebagai perantara komunikasi dalam suatu kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran sendiri merupakan salah satu cara dan strategi yang dilakukan oleh guru untuk mencapai hasil belajar yang memuaskan, serta untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam penelitian ini sendiri nantinya bertujuan untuk melihat pengaruh media berbasis slide terhadap hasil belajar TIK siswa. Penelitian ini sendiri merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, yang mana penelitian ini dilakukan di MTI Candung dengan sampel siswa kelas IV-5 sebanyak 30 siswa. Teknik sampel nya yaitu total sampel. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi serta analisis statistik sebagai teknik analisis datanya. Hasil dari penelitian ini sendiri yaitu terdapat pengaruh media berbasis slide terhadap hasil belajar TIK siswa, yang mana memiliki nilai rata-rata 82.13, sedangkan tanpa menggunakan media berbasis slide hanya 82.23.
References
Amelia, Chairunnisa. 2019. Problematika Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. 3: 775
Christiana, Esther. 2013. Pendidikan yang Memanusiakan Manusia. Jurnal Humaniora. 4(1): 399
K, Abdullah. 2017. Berbagai Metodologi dalam Penelitian Pendidikan dan Manajemen. Watampone: Gunadarma Ilmu
Miftah, M. 2013. Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan. 1(2): 98
Mudiyaharjo, Redja. 2002. Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tetntang Dasar-dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Prasetyo, Bambang & Jannah, Lina Miftahul. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal ilmiah Sistem Informasi dan Ilmu Komputer
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.