PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PRAKTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN TIK DI SMA N 1 KAPUR IX
DOI:
https://doi.org/10.55606/juisik.v2i3.352Keywords:
Metode pembelajaran, praktik, hasil belajarAbstract
Metode pembelajaran paraktik merupakan upaya memberikan sebuah kesempatan secara langsung terhadap siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah supaya mengetahui pengaruh metode pembelajaran praktik terhadap hasil belajar siswa. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan bantuan SPSS untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil uji wilcoxon ditemukan nilai dari Asymp Sig 0.00 dimana < dari 0.05 berarti ini menandakan bahwa adanya pengaruh signifikan metode pembelajaran praktik pada mata pelajaran TIK dibandingkan metode pemebelajaran konvensional di SMA N 1 Kapur IX terhadap hasil belajar siswa. Kemudian juga didapatkan bahwa seluruh siswa mendapatkan nilai yang lebih tinggi setelah menggunakan metode praktik. Dari hasil belajar siswa didapatkan bahwasanya tidak ada siswa yang mendapatkan nilai lebih rendah ataupun sama antara menggunakan metode pembelajaran praktik dengan metode pemebelajaran konvensional.
References
Penulisan Daftar pustaka menggunakan IEEE style.
B. DePorter and M. Hernacki. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa, 2013.
R. E. Walpole. “Pengantar Statistika”. Edisi ke-3. Terjemahan oleh Bambang Sumantri. Jakarta: Gramedia, 1995.
M. R. Wilhelmi, J. D. Godino, and E. Lacasta. ”Didactic effectiveness of mathematical definitions case of the absolute value”. International Electronic Journal of Mathematics Education, vol. 2, no. 2, pp. 72-90, 2007.
A. Irawan and G. Kencanawaty, “Implementasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Realistik di Sekolah Dasar Berbasis Budaya Kabupaten Purwakarta”. in Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA), pp. 171-174, 2017.
R. E. Utami. “Eksperimentasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dan Jigsaw terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Pokok Segiempat Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik SMP Negeri Kabupaten Blora”. Tesis. Universitas Sebelas Maret. Surakarta, 2012.
J.P. Spillane, B. Hunt, and K. Healey. “Managing and leading elementary schools: Attending to the formal and informal organization”, 2009, [Online]. Tersedia: http://www.distributedleadership.org/assets/spillane%2C-hunt%2Chealey.pdf. [Diakses 3 Oktober 2017]
Daftar dan upload artikel melalui akun anda pada:
http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP
Atau email ke:
Contact Person:
Ari Irawan (085691331979)
Ek Ajeng Rahmi P. (081215024519)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal ilmiah Sistem Informasi dan Ilmu Komputer
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.