Penggunaan Aplikasi Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan : Studi Pada Unit Pelaksana Teknis (Upt) Perpustakaan Universitas Lancang Kuning

Authors

  • Novia Arfina Universitas Lancang Kuning
  • Revisya Aleandra Universitas Lancang Kuning
  • Sania Sania Universitas Lancang Kuning
  • Nining Sudiar Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.55606/juisik.v3i1.430

Keywords:

promosi perpustakaan, perpustakaan perguruan tinggi, media sosial, instagram

Abstract

Artikel ini berisi bagaimana promosi perpustakaan lewat media sosial Instagram. Interaksi antara pustakawan dengan pemustaka saat ini bisa dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada. Peneliti secara khusus mengamati salah satu akun perpustakaan perguruan tinggi yaitu UPT Universitas Lancang Kuning. Bagaimana berkomunikasi dengan pemustaka lewat Instagram merupakan salah satu cara yang efektif dalam melakukan sebuah promosi di perpustakaan perguruan tinggi. Artikel ini juga melihat bagaimana bentuk-bentuk interaksi yang ditawarkan aplikasi Instagram dan bagaimana UPT Perpustakaan Universitas Lancang Kuning menggunakan fasilitas yang terdapat di Instagram Itu sendiri. Metode pengambilan data melalui observasi di akun Instagram UPT Universitas Lancang Kuning dan melakukan studi pustaka yang telah ada. Kajian ini dilakukan secara intensif selama 2 (dua) bulan, yaitu dari bulan Februari – April 2023 untuk melihat bagaimana perpustakaan melakukan promosi perpustakaan lewat Instagram. Hasil dari kajian yang kami lakukan Perpustakaan UPT Universitas Lancang Kuning telah memanfaatkan semua fasilitas yang ada di Instagram dalam melakukan promosi perpustakaan. Perpustakaan telah menggunakan Fasilitas Instagram Story, Upload Video, upload Foto, bahkan melakukan Live Instagram guna melakukan promosi perpustakaan.

References

Afriani, Nova dan Yunaldi .2012. Peranan Promosi Perpustakaan terhadap Kunjungan Pemustaka di Perpustakaan Umum Kota Solok. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan. 1(1):9-16.

Atmoko, Bambang Dwi. 2012 Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita

Basuki,Sulistyo. 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Indika, Deru R, and Cindy Jovita. 2017. “Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen.” Jurnal Bisnis Terapan1(1): 25–32.

Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKiS.

Pendit, Putu Laxman. 2003. Penelitian Ilmu Perpustakaan dan Informasi: Sebuah Pengantar Diskusi Epistemologi Dan Metodologi. Jakarta: JIP-FSUI.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan

Zelkr, Frauke. 2017. “Analyzing Social Media Data and Other Data Sources: A Methodological Overview.” In The SAGE Handbook of Social Media Research Methods, eds. Luke Sloan and anabel Quan-Haase. London: SAGE Publications, 386–404.

Downloads

Published

2022-03-26

How to Cite

Novia Arfina, Revisya Aleandra, Sania Sania, & Nining Sudiar. (2022). Penggunaan Aplikasi Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan : Studi Pada Unit Pelaksana Teknis (Upt) Perpustakaan Universitas Lancang Kuning. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(1), 77–88. https://doi.org/10.55606/juisik.v3i1.430

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.