PENGARUH IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PUPUK NITROGEN PADA TANAMAN PADI MENGGUNAKAN BAGAN WARNA DAUN (BGD) BERBASIS INTERNET ON THINGS (IOT)

Authors

  • Unang Achlison Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer

DOI:

https://doi.org/10.55606/sinov.v3i1.74

Keywords:

BWD, Internet on Things

Abstract

Pemupukan adalah bagian penting dari budidaya padi. Kebutuhan pupuk nitrogen yang tidak tepat dan tidak terukur akan menjadi faktor pengurang optimalnya produksi pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh identifikasi kebutuhan pupuk nitrogen menggunakan Bagan Warna Daun (BGD) pada tanaman padi. Group eksperimental pada penelitian ini menggunakan media pendukung Microcontroller NodeMcu sebagai pemroses identifikasi warna daun padi dan sekaligus menentukan data kebutuhan pupuk Nitrogen. Informasi kebutuhan pupuk Nitrogen tersimpan di internet berbasis Internet On Things (IOT) dan dapat diakses menggunakan website. Penelitian ini dilakukan pada petani di desa lumbung padi di Jawa Tengah. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian diperoleh hasil t­­hitung ≥ ttabel yaitu 2,976 ≥ 2,262  maka H0 ditolak atau H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh identifikasi kebutuhan pupuk Nitrogen menggunakan bagan warna daun (BGD) berbasis Internet On Things (IOT) terhadap tanaman padi dapat diterima dan efektifitas dosis penggunakan pupuk menjadi lebih efisien 50%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-01

How to Cite

Unang Achlison. (2020). PENGARUH IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PUPUK NITROGEN PADA TANAMAN PADI MENGGUNAKAN BAGAN WARNA DAUN (BGD) BERBASIS INTERNET ON THINGS (IOT). Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang, 2(1), 60–75. https://doi.org/10.55606/sinov.v3i1.74

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.