ANALISIS ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PERILAKU PEDAGANG KAKI LIMA DI PASAR SAGUMPAL BONANG PADANGSIDEMPUAN

Authors

  • Ahmad Ridwan Nasution UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Muhammad Taufiq UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i1.490

Keywords:

ethics, Islamic business, street vendors

Abstract

Business ethics is a set of norms that are binding on every economic actor and must be owned by every trader because it is a recommendation from the Islamic religion. This study aims to determine whether the behavior of street vendors at the Sagumpal Bonang Padangsidempuan market is in accordance with Islamic business ethics. This type of research is field research using qualitative descriptive analysis methods. Based on the results of observations and interviews conducted by researchers with several traders, it can be concluded that traders do not know about Islamic business ethics. However, in terms of its implementation, it has applied rules that are justified in Islamic teachings, including the principle of monotheism, the principle of balance/justice, the principle of free will, the principle of responsibility, and the principle of honesty. In this study it was also found that traders had applied the values ​​of good behavior in life by applying the characteristics of the Prophet Muhammad, namely siddiq, amanah, tabligh, and fathanah.

References

Ariganto, Argus. (2010). Etika Bisnis Bagi Pelaku Bisnis. (Jakarta: Granpindo Persada).

Aziz, Abdul. (2013) etika bisnis presfektif Islam (Bandung: Alfabeta).

Al-Albani., Nashiruddin, Muhammad. (2010). Shahih Sunan Abu Daud Jilid 2. (Jakarta: Pustaka Azam).

Al-Asqalani, Ibn Hajar. (2010). Bulughul Maram. (Bandung : PT. Mizan Pustaka)

Ardana, Cenik dan Agoes, Sukrino. (2014) Etika Bisnis dan Profesi, (Jakarta: Salemba Empat).

Chotimah, Chusnul. (2020). Analisis Etika Bisnis Islam Pada Proses Produksi dan Distribusi (Penjualan) di toko Pengrajin Kulit Pribadi Kabupaten Ponorogo. Kearsipan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo.

Departemen Pendidikan Nasional. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta.

Djakfar. (2012). Etika Bisnis Menangkap Spirit Ajaran Langit dan pesan Moral Ajaran Bumi, (Jakarta: Penebar Plus).

Dodi Hermanto, dkk, (2011), Gerakan Sosial Pedagang Kaki Lima, (Jurnal Humanus Vol. X No. 1)

Priansa, Junai D, Alma B. (2009) Manajemen Bisnis Syariah (Bandung: Alfabeta)

Fadlia,. (2018) Etika Pedagang Kaki Lima di Pasar Peunayong Kota Banda Aceh, Kearsipan Fakultas Ushukuddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Gustiarni, Yeni. (2015). Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Perlaku Pedagang Kaki Lima Di Pasar Panorama Kota Bengkulu. Kearsipan Fakultas Syariah dan Ekonomi IAIN Bengkulu.

Iskandar. (2008). Metodelogi Kuantitatif dan Kualitatif. (Jakarta: Agung Persada Press).

Hidayah, Muhammad. (2010). Fiqh Perdagangan Bebas. (Jakarta: Teraju).

Hamka, Prof. Dr. (2015). Tafsir Al-Azhar. (Jakarta: Gema Insani).

Khadijah, Siti. (2021). Perilaku Pedagang Kaki Lima dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Di Darussalam Banda Aceh. Kearsipan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Isam Universitas Ar-Raniry Banda Aceh.

M. Quraish, Shihab. (2011). Berbisnis dengan Allah. (Tangerang: Lentera).

Masyuri. (2010). Sistem Perdagangan Dalam Islam. (Jakarta: Pusat Penelitian Ekonomi-Lipi).

M. Quraish, Shihab. (2010). Tafsir Al-misbah. (Jakarta: Lentera Hati).

Muhammad. (2010). Etika Bisnis Islam. (Yogyakarta: UPP AMP YKPN).

Rivai, Veithzal., dkk. (2012). Islamic Business and Economic Ethics. (Jakarta: PT. Bumi Aksara).

Saputra, Faisal Yusuf. (2016). Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Keuntungan Usaha Pengusaha Laundry Di Kecamatan Tembalang. Kearsipan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang.

Setiawan J, Anggito A. Metodologi Penelitian Kualitatif, ( Jakarta: CV. Jejak, 2018)

Sugiarto. (2017). Metologi Penelitian Bisnis. (Yogyakarta: Andi).

Saripuddin, Amir. (2010). U shul Fiqh. (Jakarta: Kencana).

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. (Bandung: Alfabeta CV).

Supriyono, (2011) Manajemen Strategi dan Kebijaksanaan bisnis,(Yogyakarta: BpFe).

Saputra, Rholen Bayu. (2014) Profil Pedagang Kaki Lima (PKL) Berjualan di Badan Jalan (Studi di Jalan Teratai dan Jalan Seroja Kecamatan Senapelan). FISIP Volume 1 No. 2.

Wawancara dengan Alvian Pedagang Pop Ice, Pada Tanggal 29 April 2023

Wawancara dengan Al Harjani Nasution Pedagang Pop Ice, Pada Tanggal 29 April 2023

Wawancara dengan Kaharuddin Hutabarat Pedagang Es Dawet, Pada Pop Ice, Pada Tanggal 29 April 2023

Wawancara dengan Sori Tua Dalimunthe Pedagang Pop Ice dan Kelapa Muda, Pada Tanggal 2 Mei 2023

Wawancara dengan Sumarni Pedagang Es Dawet, Pada Tanggal 2 Mei 2023

Wawancara dengan Khoirunnisa Hasibuan Pedagang Aqua, Pada Tanggal 3 Mei 2023

Wawancara dengan Parlagutan Harahap Pedagang Teh Susu Telor, Pada Tanggal 5 Mei 2023

Wawancara dengan Sandri Adi Siregar Pedagang Es Cendol, Pada Tanggal 5 Mei 2023

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Nasution, A. R., & Taufiq, M. . (2023). ANALISIS ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PERILAKU PEDAGANG KAKI LIMA DI PASAR SAGUMPAL BONANG PADANGSIDEMPUAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(1), 176–194. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i1.490

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.