PENGARUH DISIPLIN KERJA PEGAWAI DAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR DESA KADUGEDE KECAMATAN KADUGEDE KABUPATEN KUNINGAN

Authors

  • Aep Saefullah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurimbik.v2i2.129

Keywords:

Disiplin Kerja, Pelayanan Publik, dan Kepuasan

Abstract

Tujuan Penelitian Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hubungan variabel antara disipilin kerja pegawai dan kualitas pelayanan Kantor Pemerintahan Desa Kadugede terhadap kepuasan masyarakat Desa Kadugede.

Jenis penelitian ini adalah asosiatif kausalitatif dengan pengumpulan data kuosioner 100 responden dari total 4514 populasi penduduk Desa Kadugede, pengambilan sample mengguakan metode sampling insidental, yaitu teknik menentukan sampel secara kebetulan, yakni seseorang dengan kebetulan tanpa ada janjian berjumpa peneliti. Teknik Analisa data yang digunakan dengan Uji Asumsi Klasik, Analisis Koefisien Korelasi dan Path Analysis. Hasil penelitian menyatakan bahwa kepatuhan Disiplin Kinerja memiliki pengaruh signifikan bagi kepuasan  warga Desa Kadugede. Disiplin Kerja bepengaruh langsung terhadap Kepuasan masyarakat sebesar 0,349 atau 12,18%.

Selain itu Kualitas pelayanan publik memiliki pengaruh signifikan bagi kepuasan masyarakat Desa Kadugede. Kualitas pelayanan mempunyai dampak signifkan langsung kepada kepuasan masyarakat sebesar 0,475 atau 22,56%. Dalam penelitian ini ditemukan juga bahwa Disiplin Kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap Kualitas pelayanan di Desa Kadugede. Disiplin Kerja bepengaruh langsung terhadap Kualitas pelayanan dengan pengaruh yang kuat sebesar 0,510 atau 26%. Dan terdapat pengaruh signifikan  antara Disiplin Kinerja kepada kepuasan masyarakat melalui Kualitas pelayanan publik. Pengaruh total variable Disiplin Kinerja bagi kepuasan masyarakat melalui kualitas pelayanan yang menjadi unsur variabel mediasi sebesar 34.93%.

Hasil penelitian sebagai referensi dan tolak ukur serta dapat dikembangkan untuk melakukan penelitian selanjutnya dengan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kepuasan masyarakat

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta. Barata, A. A. (2013). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Yudhistira. Chandra, F. T. (2016). Service Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Consuegra, D. M. (2007). An Integrated Model of Price, Satisfaction and Loyality: An Empirical Analysis in Service Sector. Journal of Product & Brand Management.

Dwiyanto, A. (2012). Reformasi, Birokrasi, Kepemimpinan, dan Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Gaspersz, V. (2011). Total Quality Management. Bogor: Vinchristo Publication. Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Hasibuan, M. S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Irawan, H. (2012). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Kasmir. (2017). Etika Customer Service. Jakarta: PT Raja Garfindo Persada.

Lupiyoadi, R. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Salemba Empat.

Mangkunegara, A. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution. (2015). Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pasolong, H. (2013). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: CV Alfabeta.

Rahmayanty, N. (2018). Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rivai, V. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Robbins, S. P. (2016). Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Sarjono, H., & Julianita, W. (2013). SPSS VS LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Sedarmayanti. (2012). Good Governance. Bandung: Mandar Maju. Sinambela, L. P. (2014). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Situmorang, Syafrizal Helmi dan Muslich Luthfi, (2015), Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis, Edisi Ketiga, Penerbit USU Press, Medan

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana. Tangkilisan, H. N. (2015). Manajemen Publik. Jakarta: Grasindo.

Tjiptono, F. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian). Yogyakarta: Andi Offset.

Winarsih, R. d. (2010). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2022-05-21

How to Cite

Aep Saefullah. (2022). PENGARUH DISIPLIN KERJA PEGAWAI DAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR DESA KADUGEDE KECAMATAN KADUGEDE KABUPATEN KUNINGAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(2), 1–20. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v2i2.129

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.