The Role of Search Engine Optimization in Determining Journalism Quality
DOI:
https://doi.org/10.55606/juitik.v3i3.605Keywords:
Search Engine Optimazitation, Media Siber, JurnalismeAbstract
The SEO strategy for news content is characterized by employing mass media around an issue and then creating it frequently by writing as much as possible. Current event keywords are constantly incorporated into news content. Finally, the news will appear near the top of search engine results. Writing adapts to culture, particularly by observing text dynamics. Remember to evaluate editorial efforts in order to maintain journalistic quality. Data gathered through in-depth interviews, observations, and documentation. According to the findings of this study, all four media surveyed believe that SEO is a method of increasing traffic so that advertisements can develop. Doing SEO and then showing politically on the top page of Google search also puts other leading media's excellent reputation at danger. Publishers also develop regional content and implement target page view policies to ensure that the editorial staff adheres to the SEO algorithm. Surprisingly, there are limits on how SEO publishers may provide great information.
References
Afifiyah, Siti. (2022, 7 Januari). Jasa SEO untuk Promosi Berkala dan Berskala. Tagar.id. Dilihat pada 28 November 2022 dari https://www.tagar.id/jasa-seo-untuk- promosi-berkala-dan-berskala
AJI. (2018). Laporan Tahunan AJI 2018: Ancaman Baru dari Digital. Dilihat pada 24 Juli 2021 dari https://aji.or.id/upload/article_doc/Laporan_Tahunan_AJI_2018_Ancaman_Baru_dari_Digital_OK21.pdf
Andriyanto, Tedi. (2021, 9 Februari). Iklan Media Siber Kecil? Ini Tanggapan Ketua AMSI. Beritasatu.com. Dilihat pada 28 November 2022 dari https://www.beritasatu.com/Tedi-andriyanto/ekonomi/477786/iklan-media- siber-kecil-ini-tanggapan-ketua-amsi Arief, Andi M. (2023, 9 Februari). Jokowi Sedih Belanja Iklan Terus Diambil Asing.
Chakraborty, Abhijnan. et al. (2016). Stop Clickbait: Detecting and Preventing Clickbaits in Online News Media. In IEEE/ACM ASONAM 2016, August 18-21, San Francisco, CA, USA
Eddyono, Aryo Subarkah. (2018). Jurnalisme Cetak vis a vis Jurnalisme Online dalam Teks Bre Redana. Dalam Budiawan dan Ardhana, IK. (Ed.). Dari Desain Kebaya hingga Masyarakat Adat Raja Ampat: Budaya-budaya di Indonesia dalam Tegangan dan Negosiasi Global-Lokal. Yogyakarta: Ombak
Eddyono, Aryo Subarkah. (2022). Jurnalisme Warga, Hegemoni, dan Rusaknya Keragaman Informasi. Jakarta: Universitas Bakrie Press
Eddyono, Aryo Subarkah., HT, Faruk., dan Irawanto, Budi. (2021a). Jurnalisme Warga: Liyan, Timpang, dan Diskriminatif. Jurnal Profetik 12 (1), hal. 61-73. DOI: https://doi.org/10.14421/pjk.v12i1.1498
Eddyono, Aryo Subarkah., HT, Faruk., dan Irawanto, Budi. (2021b). Menyoroti Kembali Jurnalisme Warga, Awal Mula, dan Kepentingan yang Melatarinya. Jurnal Kajian Jurnalisme 3 (2), hal. 1-17. DOI: https://doi.org/10.24198/jkj.v3i1
Heychael, Muhamad. (2018, 21 Mei). Bagaimana Tribunnews Membantu Terorisme. Remotivi. Dilihat pada 8 Desember dari https://www.remotivi.or.id/amatan/466/bagaimana-tribunnews-membantu- terorisme
Ishwara, Luwi. (2011). Jurnalisme Dasar, Jakarta: Penerbit Buku Kompas. Kovach, Bill dan Rosenstiel, Tom. (2001). Elemen-elemen Jurnalisme. Jakarta: ISAI Lidwina, Andrea. (2021, 11 Oktober). Google Paling Banyak Mengumpulkan Data Pengguna. Katadata.co.id. Dilihat pada 28 November 2022 dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/11/google-paling- banyak-kumpulkan-data-pengguna
Katadata. Dilihat pada 6 April 2023 dari https://katadata.co.id/ameidyonasution/berita/63e486699ec2b/jokowi-sedih- lihat-belanja-iklan-media-terus-diambil-platform-asing Bagdikian, Ben H. (2004). The New Media Monopoly. Boston: Beacon Press
Kushendar, Robert W. (1999). Rich Media Poor Democracy. New York: The New Press Kushendar, Robert W. (2008). The Political Economy of Media: Enduring Issues, Emerging Dillemas. New York: Monthly Review Press
Kushendar, Robert W. (2013). Digital Disconnet: How Capitalism is Turning The Internet Against Democracy. New York – London The New Press
Margianto, JH. dan Syaefullah, A. (n.d.) Media Online: Antara Pembaca, Laba, dan Etika. Jakarta: Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia – Ford Foundation
Mosco, Vincent. (2008). The Political Economy of Communication. Sage Publishing Nasrillah, Faiz. (2018, 8 Februari). Dewan Pers: Ada 43 Ribu Media Online, Hanya 168 yang Profesional. Idntimes. Dilihat pada 24 Juli 2018 dari https://www.idntimes.com/news/indonesia/faiz-nashrillah/dewan-pers-ada- 43-ribu-media-online-hanya-168-yang-profesional-1/full
Nursyamsi, S. E., & Siregar, N. (2019). Pengaruh Iklan Layanan Masyarakat Lanjut Usia Kementrian Sosial RI terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja. Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 23(2), 120-141.
Nursyamsi, S. E., Siregar, N., & Nurahlina, N. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Toska Fashion Dalam Meningkatkan Customer Engagement Melalui Media Sosial Instagram. Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(2), 140-154.
Nursyamsi, S. E., Siregar, N., & Nurahlina, N. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Toska Fashion Dalam Meningkatkan Customer Engagement Melalui Media Sosial Instagram. Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(2), 140-154.
Nursyamsi, S. E., Siregar, N., & Nurahlina, N. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Toska Fashion Dalam Meningkatkan Customer Engagement Melalui Media Sosial Instagram. Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(2), 140-154.
Nursyamsi, S., Siregar, N., & Ratnasari, D. D. (2022). Strategi Komunikasi Personal Selling Merchandiser Display General Trade dalam Memenuhi Target Penjualan Di PT Kalbe Nutritional Cabang Bekasi: Studi Deskriptif Produk Diabetasol. Brand Communication: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(3).
Nursyamsi, S., Siregar, N., & Ratnasari, D. D. (2022). Strategi Komunikasi Personal Selling Merchandiser Display General Trade dalam Memenuhi Target Penjualan Di PT Kalbe Nutritional Cabang Bekasi: Studi Deskriptif Produk Diabetasol. Brand Communication: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(3).
Ponika, R., Siregar, N., & Puspita, R. (2019). Representasi kritik sosial terhadap polisi pada karikatur di media sosial. Jurnal Daring Mahasiswa Komunikasi, 1(1), 19-26.
Pratomo, Yudha. (2021, 8 Mei). Google: Ada 2,5 Milyar Perangkat Android yang Aktif Dipakai. Pikiranrakyat.com. Dilihat pada 28 November 2022 dari https://tekno.pikiranrakyat.com/read/2021/05/08/13310017/google--ada-2-5- miliar-perangkat-android-yang-aktif-dipakai
Reynaldiarya. (2021, 18 Desember). Ap aitu SEO dan Penjelasan Lengkapnya. Viva.co.id. Dilihat pada 28 November 2022 dari https://www.viva.co.id/vstory/teknologi- vstory/1192679-apa-itu-seo-dan-penjelasan-lengkapnya
Richmond, Shane. (2008). The Going Down of the Pun. British Journalism Review. 19 (4), hal. 51-55. DOI: 10.1177/0956474808100865
RMOLNETWORK, Admin. (2022, 6 Februari). Jumlah Media Online Mencapai Ribuan. Rmolbengkulu.id. Dilihat pada 6 April 2023 dari https://www.rmolbengkulu.id/jumlah-media-siber-mencapai-ribuan-dewan- pers-kami-belum-menemukan-model-pengawasan-yang-efektif
Siregar, N., & Nursyamsi, S. E. (2020). HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN TERHADAP FILM DOKUMENTER SEXY KILLERS DENGAN SIKAP PEMILIH PEMULA. Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 24(2), 200-203.
Siregar, N., Nursyamsi, S. E., & Junengsih, J. (2022). Teknik Komuniksi Persuasif Pengurus KABASA Dalam Mengajak Anak Jalanan Untuk Belajar. Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(3), 303-310.
Siregar, N., Nursyamsi, S. E., Dewi, N. K., & Purnama, H. (2022). Framing Analysis on Online Media of News Coverage of Protests Against Indonesia's Omnibus Law on Job Creation Act. International Journal of Scientific Engineering and Science, 6(5), 21-26.
Siregar, N., Nursyamsi, S. E., Sutaguna, I. N. T., Razali, G., & Yusuf, M. (2023). DIGITAL MARKETING TO E-COMMERCE CUSTOMERS. Journal of Management and Creative Business, 1(2), 182-198.
Siregar, N., Nursyamsi, S. E., Sutaguna, I. N. T., Razali, G., & Yusuf, M. (2023). DIGITAL MARKETING TO E-COMMERCE CUSTOMERS. Journal of Management and Creative Business, 1(2), 182-198.
Siregar, N., Purnama, H., Nursyamsi, S. E., & Dewi, N. K. (2021). Sosialisasi Pengelolaan Sanitasi Bagi Kesehatan Keluarga. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat UBJ, 4(1).
Sovianti, R., Nursyamsi, S. E., & Siregar, N. (2023). PUBLIC RELATIONS STRATEGY IN BUILDING PERSONAL BRANDING OF VISUAL ARTISTS. Jurnal Ekonomi, 12(01), 135-140.
Supriyatna, Iwan. (2022, 25 Agustus). Belanja Iklan Media Online Naik Tajam. Suara.com. Dilihat pada 6 Desember 2022 dari https://www.suara.com/bisnis/2022/08/25/180809/belanja-iklan-media- online-naik-tajam-saat-pandemi-tembus-rp-242-triliun
Widiantoro, A., Nursyamsi, S. E., & Imaddudin, I. (2021). Pola Komunikasi Interpersonal Satgas COVID-19 dalam Menghadapi Stigma Negatif Pasien COVID-19 di RW 01 Kelurahan Kaliabang Tengah, Bekasi Utara. Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 3(2), 18-27.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.