Aplikasi Permohonan Surat Pkl Dan Surat Keterangan Aktif Mahasiswa Menggunakan Digital Signature Qr Code

Authors

  • Muharir Muharir Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.55606/juitik.v1i1.425

Keywords:

Digital Signature, Qrcode, Aplikasi, Surat Mahasiswa Aktif.

Abstract

Tugas Perguruan Tinggi dalam hal ini Program Studi Teknik Informatika dan Program Studi Sistem Informasi dan Program Studi Sistem Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin adalah mewujudkan lulusan yang mampu dan memiliki keahlian untuk menjadi ahli software dan analisis perancangan sistem informasi secara profesional. Praktek Kerja Lapangan adalah akumulasi dari program di Program Studi Teknik Informatika dan Program Studi Sistem Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, maka Praktek Kerja Lapangan dapat diartikan sebagai suatu program yang dapat dilaksanakan dalam sarana menerapkan berbagai informasi dari pengetahuan, sikap hingga keterampilan untuk pembentukan awal menjadi seorang yang memiliki kompetensi dan jenjang pendidikan sarjana komputer yang professional. Pandemi wabah Covid-19 telah menimbulkan dampak di berbagai aspek termasuk di bidang pendidikan. Pemerintah telah memutusakan untuk meniadakan pelaksanaan pembelajaran tatap muka di Universitas dan menggantinya dengan melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada semua jenjang Pendidikan. Penelitian ini mencoba mengembangkan aplikasi permohonan surat magang dengan menggunakan konsep digital signature QRcode untuk mahasiswa semester 7 pada fakultas teknologi informasi UNISKA, penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif yang dapat digunakan di masa pandemi ini untuk mengurangi penyebaran wabah Covid-19.

 

References

Safaat, Nasruddin. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.

Pressman, Roger S. (2002). Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi – Buku

Satu).Edisi keempat.Yogyakarta: Andi

Barata. 2014. Sistem Informasi Akademik Laboratorium Kimia Dasar. Skripsi. Program

Studi Ilmu Komputer FMIPA UGM. Yogyakarta.

Basuki, A., P. 2010. Membangun Framework Berbasis PHP dengan Framework CodeIgniter. Penerbit Lokomedia. Yogyakarta.

Benedetti, R. Dan Cranley, R. 2011. Head First jQuery, O’Reilly Media, Inc.

Cochran, D. 2012. Twitter Bootstrap Web Development How-To. PACKT Publiseher. Date, C. 2002. An Introduction to Database System, Sevinth Edition. New York: Addison- Wesley Publishing Company.

Demiawansyah, A. 2014. Sistem Informasi Persiapan Praktikum di Program Studi Komputer dan Sistem Informasi SV UGM. Tugas Akhir. Program Studi Komputer dan Sistem Informasi SV UGM. Yogyakarta.

Dennis, A., Wixom, B., & Roth, R. 2009. System Analysis and Design. John Wiley and Sons Inc.

Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kossiakof. 2002. System Engineering Principles and Practice. John Wiley and Sons Inc. Laksono. 2013. Aplikasi Penjadwalan Perkuliahan Praktikum Berbasis Web di Pusat

Laboratorium Terpadu UIN Syarif. Skripsi. UIN Syarif. Jakarta. Mansfield, R. 2005. CSS Web Design For Dummies. John Wiley and Sons, Inc. Mc Farland, D. 2013. CSS3: The Missing Manual. O’Reilly Media, Inc.

Mc Farland, D. 2009. Javascript and Query: The Missing Manual, Second Edition. O’Reilly Media, Inc.

Nixon, R. 2009. Learning PHP, MySQL and Javascript. O’Reilly Media, Inc.

Powell, T. 2010. HTML and CSS: The Complete Reference, Fifth Edition. The McGraw- Hill Companies, Inc.

Powers, D. 2012. Beginning CSS3: Mastering The Language of Web Design. Apress.

Downloads

Published

2021-03-27

How to Cite

Muharir Muharir. (2021). Aplikasi Permohonan Surat Pkl Dan Surat Keterangan Aktif Mahasiswa Menggunakan Digital Signature Qr Code. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 1(1), 18–28. https://doi.org/10.55606/juitik.v1i1.425

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.