Sistem Informasi Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM) Jurusan Manajemen Informatika Berbasis Web

Authors

  • Titing Magfirah Politeknik Negeri Fakfak
  • Nelson Rumui Politeknik Negeri Fakfak
  • Wa Masra Politeknik Negeri Fakfak
  • Umroh Umroh Politeknik Negeri Fakfak

DOI:

https://doi.org/10.55606/juitik.v2i1.205

Keywords:

Sistem Informasi; Kuisioner; Evaluasi Pengajaran; Berbasis Web,

Abstract

Evaluasi kinerja dosen merupakan cara untuk mengetahui pengajaran dosen terhadap mahasiswa yang meliputi penilaian dari persiapan mengajar, materi pembelajaran, penyampaian materi, pengelolaan kelas dan evaluasi pembelajaran. Penilaian dosen dianggap sangat penting untuk mengukur kinerja dosen. Dalam proses penilaian kinerja pada Politeknik Negeri Fakfak khususnya Jurusan Manajemen Informatika masih bersifat manual yaitu menggunakan kertas, dimana kertas yang memuat kuisioner tersebut diedarkan kepada mahasiswa disetiap akhir semester dan setelah itu menjadi tertumpuk dan seringkali tidak maksimal dalam penilaian kinerja dosen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membangun Sistem Informasi Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM) Berbasis Web agar penilaian kinerja dosen dan pengelolaan nilai lebih efektif dan efisien. Sistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan sebagai database menggunakan MySQL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode waterfall dengan tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi sistem dan pengujian sistem. Perancangan sistem ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Adapun metode pengujian yang digunakan yaitu Black-box testing. Sistem Informasi Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM) ini, berhasil dibangun dan dapat diterapan pada Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Fakfak sehingga dapat mempermudah mahasasiwa dalam mengisi kusioner.

References

Irawan, (2017). Pengembangan Sistem Informasi Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM) pada Stikom Dinamika Bangsa. Jurnal MEDIASISFO, Vol 11(2).

Pujiastuti Isti. (2010).Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitiana. Jurnal Agribisnis Dan Penegembangan Wilayah, VOL 2(1).

Riyadi, A. S., Retnandi, E., & Deddy, A. (2015). Perancangan Sistem Informasi Berbasis Website Subsistem Guru Disekolah Pesanteren 99 Rancabango. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Tegnologi Garut, 09(1), 1-11.

Sommerville, Ian. (2011). Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Jakarta: Erlangga.

Qomari. (2008). Pengembangan Intrumen Evaluasi Domain Efektif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, VOL 13(1), 1-5.

Downloads

Published

2022-07-21

How to Cite

Titing Magfirah, Nelson Rumui, Wa Masra, & Umroh Umroh. (2022). Sistem Informasi Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM) Jurusan Manajemen Informatika Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 2(1), 41–53. https://doi.org/10.55606/juitik.v2i1.205

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 

You may also start an advanced similarity search for this article.