PENERAPAN METODE SDLC ( SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE ) WATERFALL PADA E-COMMERCE SMARTPHONE

APPLICATION OF THE SDLC (SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE) WATERFALL METHOD ON E-COMMERCE SMARTPHONE

Authors

  • Ilham Tri Maulana Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.55606/juisik.v2i2.162

Keywords:

E-commerce , Smartphone, SDLC Waterfall.

Abstract

Dalam penelitian ini dilakukan terhadap salah satu perusahaan atau toko yang berperan dalam menjual smartphone di sukabumi. Pada proses sistem penjualan mulai dari promosi produk sampai dengan pengelolaan data stok barang serta pembuatan laporan penjualan itu masih dilakukan secara konvensional layaknya seperti toko tradisional. Khususnya pada proses promosi produk yang masih dilakukan secara membagikan brosur berbentuk hard file atau berupa fisik ke tempat kerumunan yang bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat dan hal ini tentu berlawanan dengan himbauan pemerintah untuk tidak berkerumun agar memutus rantai penyebaran virus covid 19. Hal tersebut menjadi suatu kendala atau hambatan yang dialami oleh perusahaan atau toko penjualan smartphone untuk menunjang tercapainya target dari setiap brand yang dimiliki oleh toko tersebut. Hal tersebut mengakibatkan terbatasnya jangkauan pemasaran smartphone pada toko atau perusahaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mempermudah proses promosi dan transaksi dengan menyediakan e-commerce smartphone agar dapat memperoleh informasi dengan mudah dan dapat bertransaksi secara digital atau online tanpa harus mengunjungi store atau toko secara tatap muka. Pada penelitian ini yaitu menggunakan metode SDLC ( System Development Life Cycle ) dengan pemodelan waterfall.

References

I. Irfan, A. Aswar, and E. Erviana, “Hubungan Smartphone Dengan Kualitas Tidur Remaja Di Sma Negeri 2 Majene,” J. Islam. Nurs., vol. 5, no. 2, p. 95, 2020, doi: 10.24252/join.v5i2.15828.

Romindo, E-commerce: Strategi, Implementasi & Inovasinya. Yayasa Kita Menulis, 2019.

R. Y. Endra, Y. Aprilinda, Y. Y. Dharmawan, and W. Ramadhan, “Analisis Perbandingan Bahasa Pemrograman PHP Laravel dengan PHP Native pada Pengembangan Website,” Expert J. Manaj. Sist. Inf. dan Teknol., vol. 11, no. 1, p. 48, 2021, doi: 10.36448/expert.v11i1.2012.

D. Laksono and R. Fitria, “Basis Data Basis Data,” Arif Basofi, S.Kom. MT. Tek. Inform. PENS Makal., vol. 1, no. May, pp. 1–19, 2016, [Online]. Available: https://www.academia.edu/8558159/Basis_Data

M. A.S., Rosa dan Shalahuddin, “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek,” Informatika Bandung. 2016.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Ilham Tri Maulana. (2022). PENERAPAN METODE SDLC ( SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE ) WATERFALL PADA E-COMMERCE SMARTPHONE: APPLICATION OF THE SDLC (SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE) WATERFALL METHOD ON E-COMMERCE SMARTPHONE. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.55606/juisik.v2i2.162