Analisis Tindakan Pedagang Dalam Transaksi Jual Beli Cabai Secara Grosir Dalam Perspektif Ekonomi Islam
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurimea.v3i3.282Abstract
Cabai yang dijual oleh petani dan pedagang di pasar Rakyat Bangko ditempatkan dalam karung goni tanpa dilakukan pemilihan dan pensortiran sehingga jual beli tersebut tidak diketahui secara jelas kualitasnya. Kondisi cabai yang dijual seperti ini sangat variatif kualitasnya mulai cabaai yang sangat bagus, kurang bagus,dan sangat tidak bagus sehingga transaksi yang sepeti ini menimbulkan adanya kecenderungan tadlis. Penelitian ini bertujuan untuk mencari jawaban dari persoalan pokok, yaitu bagaimana bentuk tindakan Tadlis dalam transaksi jual beli cabai secara grosir, mengapa terjadi praktek tadlis yang dilakukan oleh petani dan agen dalam jual beli cabai secara grosir, serta tinjauan ekonomi islam terhadap praktik tadlis yang terjadi dalam jual beli cabai secara grosir. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pola deskriptif analisis. Pengumpulan dat penelitian ini dilakukan melalui metode library research dan field research yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk tadlis yang terjadi dalam transaksi jual beli cabai secara grosir adalah dimana hasil panen cabai tidak disortir secara jelas antara cabai yang mempunyai kualitas bagus, kurang bagus, dan tidak bagus. Praktik tadlis dalam transaksi jual beli cabai yang dilakukan oleh petani dan agen disebabkan kebiasaan pihak petani yang memilih alasan praktis dalam proses paska panen cabai dan tidak jujur dalam memberikan informasi mengenai kualitas dan kuantitas cabai. Dalam tinjauan Ekonomi Islam jual beli yang seperti ini dikategorikan sebagai jual beli yang batal, sehingga tidak sah dan harus diperoleh kesepahaman antara petani, agen dan pedagang tentang kualitas cabai.
References
Agustiano. Mekanisme Pasar Dalam Persfektif Ekonomi Islam. Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2000.
Jaribah Bin Ahmad, Haritsi, Asmuni Solihin zamakhsyari, and Muhammad Ihsan. Fikih Ekonomi Umar Bin Al-Khathab. 1st ed. Jakarta: Pustaka Al Kautsar, 2006.
Jauzy, Ibnu. Kejahatan Dalam Berdagang. Jakarta: Cendikia Sentra Muslim, 2004.
Karim, Adiwarman A. Ekonomi mikro Islami. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2007.
Kuswandi;, Enang Hidayat; Engkus. Fiqih Jual Beli / Enang Hidayat. Remaja Rosdakarya, 2015. //senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=11976&keywords=.
Mubarok, Jaih, and Hasanudin. Fikih Muʼamalah Maliyyah. Cetakan ketiga. Bandung: Simbiosa Rekatam Media, 2018.
Muhamad, and Alimin. Etika & Perlindungan Konsumen Dalam Ekonomi Islam. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 2004.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
Suhendi, Hendi H. Fiqh Muamalah: Membahas Ekonomi Islam Kedudukan Harta, Hak Milik, Jual Beli, Bunga Bank Dan Riba, Musyarakah, Ijarah, Mudayanah, Koperasi, Asuransi, Etika Bisnis Dan Lain- Lain. Jakarta: PT RajaGranfindo Persada, 2002
Syaifullah, Syaifullah. “Etika Jual Beli Dalam Islam.” Hunafa: Jurnal Studia Islamika 11, no. 2 (December 17, 2014): 371–87. https://doi.org/10.24239/jsi.v11i2.361.371-387.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.