Pengaruh Boikot, Brand Awareness dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lokal di Kota Batam

Authors

  • Sulistio Prayoga Sinaga Universitas Putera Batam
  • Suhardi Suhardi Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurimea.v5i3.1394

Keywords:

Boycott, Brand Awareness, Consumer Trust, Purchase Decision

Abstract

This study focuses on identifying the influence of Boycott, Brand Awareness, and Consumer Trust on the Purchase Decision of Local Product in Batam City, both partially and simultaneously. The research aims to examine the effect of boycott, brand awareness, and consumer trust on the purchase decision of Sanford mineral water in Batam City. This study adopts a quantitative approach, involving a sample of 100 respondents, with data collected through the distribution of questionnaires. The results indicate that the variables of Boycott, Brand Awareness, and Consumer Trust have a positive and significant effect-both individually and collectively-on the purchase decision of Sanford mineral water

References

Afifah, M. N., Abizar, A., Sutopo, H., & Albab, U. (2024). Pengaruh Gerakan Boikot Produk Pro Israel Di Media Sosial Terhadap Minat Beli Masyarakat Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 9(02), 426–435. https://doi.org/10.37366/jespb.v9i02.1918

Aisyah, N., Rahman, Muh. A., & Aisyah, S. (2021). Analisis Islamic Branding Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Melalui Brand Awareness Sebagai Mediasi Pada Remaja Wanita Di Kota Makassar. Jurnal Sipakalebbi, 5(2), 180–196. https://doi.org/10.24252/sipakallebbi.v5i2.25752

Amarudin, A. A., Ananta, N. R., Khusna, N. N., Berliani, R. J., & Oktaviah, S. (2024). Analisis Literasi Halal Dan Preferensi Produk Yang Diboikot Pada Mahasiswa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(1), 210–222.

Andre Danio Hasiholan Silalahi. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Furendori Betta Jakarta Selatan). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya, 10(2), 1–18.

Ariono, J., & Suhardi. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Lubricant Indo Makmur. Scientia Journal : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(1).

Fadilla Anggraini Pramudya Putri, F. D. P. (n.d.). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik di Aplikasi Soco. 4(2), 449–460.

Faradhilla, N. A. (2021). Pengaruh Merek, Harga, Kualitas Produk dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal dengan Religiusitas Sebagai Variabel Intervening. In Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam (Vol. 5, Issue 2).

Hapsari, A., & Sukardani, P. S. (2025). Pengaruh Terpaan Informasi Gerakan Boikot Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Pada Produk Mcdonald’S Di Surabaya. The Commercium, 9(2), 114–129. https://doi.org/10.26740/tc.v9i2.66607

Husda, N. E., Suhardi, & Inda, S. (2023). Metodologi Penelitian Kulitatif, Kuantitatif dan Researtch & Development (R & D) (Yunisa Oktavia, Ed.; 1st ed., Vol. 1). UPB Press.

Kotler, P., Keller, K., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2019). Marketing Management. Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.

Mardianti; Suhardi. (2023). Pengaruh Kinerja Layanan, Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Ganda Nusantara Persada di Batam. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(4), 365–375.

Maulana, A. P. N., Safaatillah, N., Uzlifatul, L., & Sustyorini, E. N. (2024). Pengaruh Brand Awareness Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Customer Produk Pro Israel. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 17(3), 1175–1186. https://doi.org/10.35508/jom.v17i3.15086

Ningsih, T. W. R., & Haryanti, D. A. (2021). Analisis Framing Media Online Dalam Pemberitaan Mui Boikot Produk Perancis Pada Berita Detik.Com Dan Cnnindonesia.Com. BroadComm, 3(2), 1–14. https://doi.org/10.53856/bcomm.v3i2.222

Prof. Dr. Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Rahmadhana, R., & Ekowati, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Konsumen Shopee Di Kota Bengkulu. Jurnal Ekombis Review – Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 10 No(2), 629–636.

Riny Susanti, T. A. R. (2022). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Batam Bangun Prahtama. Jurnal Ekuivalensi, Vol.8 No.1.

Rohaya, Nasution, M. L. I., & Dharma, B. (2024). Analisis Faktor Perilaku Konsumsi Terhadap Keputusan Boikot Produk Israel : Studi Kasus Pada. 13(03), 1036–1050.

Selamat; Suhardi. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada PT International Bearings. Rekaman, 6(1), 94–101.

Setiawan, M. H., Komarudin, R., & Kholifah, D. N. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Tampilan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pemilihan Aplikasi Marketplace. Jurnal Infortech, 4(2), 141.

Siboro, R. M., & Suhardi. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Penggunaan Tokopedia di Batam. Jurnal Ekuivalensi, 6(1), 118–132.

Sormin, S. K., & Malik, F. D. M. (2024). Perilaku Konsumsi Terhadap Boikot Produk Pro Israel. Karimah Tauhid, 3(3), 3114–3120. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12443

Stefanny, E., & Suhardi. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Bentoro Adisandi Ivena Batam. ECo-Buss, 60(2).

Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67. https://doi.org/10.33603/jibm.v5i1.4929

Trifena Revangelista Mambu, Johny R. E. Tampi, D. D. S. M. (2021). Peran Maskot Untuk Memperkuat Identitas Visual Brand. Productivity, 2 no.1.

Vinny, & Suhardi. (2020). Pengaruh Diferensiasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Lenovo Di Kota Batam. Jurnal Rekaman, 4(2), 238–252. https://ojs.jurnalrekaman.com/index.php/rekaman/article/view/58

Wangdra, Y., Realize, & Sumanti, K. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Kepuasan Serta Loyalitas Pelanggan Di Portal Belanja E-Commerce. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 475–486.

Downloads

Published

2025-11-23

How to Cite

Sulistio Prayoga Sinaga, & Suhardi Suhardi. (2025). Pengaruh Boikot, Brand Awareness dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lokal di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 5(3), 318–332. https://doi.org/10.55606/jurimea.v5i3.1394

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.