PENGARUH BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Survei Pada Konsumen McDonald’s Di Surakarta

Authors

  • Fahmi Dina Maulani Universitas Slamet Riyadi
  • Defa Mahkomah Putri Universitas Slamet Riyadi
  • Fatika Fitri Nur Hidayah Universitas Slamet Riyadi
  • Marjam Desma Rahadhini Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurimea.v5i1.1146

Keywords:

Brand Image, Price, Purchase Decision, Purchase Intention

Abstract

This research report titled The Influence of Brand Image and Price on Purchase Decisions through Purchase Intention as a Mediating Variabel (Survey on McDonald’s Consumers in Surakarta). Aims to analyze the impact of brand image and price on consumers purchase McDonald’s products in Surakarta. The research untilized a quantitative descriptive method, collection data through questionnaires distributed to 40 respondents. The findings indicate that brand image does to not significantly influence purchasing decisions, whili price has a positive and signicant effect on purchase intention. Furthermore, purchase intention positively and significantly affects purchasing decisions. This research contributes to the understanding of consumer behavior in the fast-food industry, particulary in the context of McDonald’s.

References

Abdul Kohar Septyadi, M., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga dan Promosi. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(1), 301–313. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.876

Aditria, D., Digdowiseiso, K., & Nurwulandari, A. (2023). Pengaruh Brand Image, E-wom dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi di Hits Burger Antasari Jakarta Selatan. Technomedia Journal, 8(1), 30–45.

Akbar, A. S., Safitri, N., Khasanah, S., & Alparisin, M. R. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Pada Konsumen Mcdonald’s Lampung. Dewan Ekobis Dewantara 4(2), 59-68.

Azahra, F., & Hadita, H. (2023). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Variabel Intervening Minat Beli Kfc Golden City Bekasi Di Sosial Media Instagram. JURNAL ECONOMINA, 2(2), 678–691. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.351

Brama Kumbara, V. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568

Irawanti, G. (2024). Pengaruh Brand Image, Brand Experience Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Kecantikan. E-Jurnal Profit (Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan), 8(2).

Lisa, M., Marlizar, & Pristiwa, N. (2023). Pengaruh Food Quality, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Kue Bhoi Makanan Khas Aceh (Studi Kasus Kue Bhoi Uci Mita Di Sibreh, Kecamatan, Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 9(6), 2852–2870. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i6.1588

Liswana, K. I., Rahwana, K. A., & Pauzy, D. M. (2022). Pengaruh Brand Image dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei pada Konsumen Kedai Kopi 104 Singaparna). ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(11).

Masdaini, E., & Hemayani, A. D. (2022). Analisis Keputusan Pembelian pada Konsumen Warung Kopi Nilang. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, 2(1). 20–28.

Mulyana, S. (2021). Pengaruh Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Pada Shopee Di Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 7(2), 185–195. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v7i2.665

Narendra Bagaskara, N., & Ngatno, N. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 726–735. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29765

Noviyanti, I., Sunarsi, D., & Wijoyo, H. (2021). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Cabang Cipondoh. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 4(1), 43–54. https://doi.org/10.32500/jematech.v4i1.1447

Paramita, A., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh labelisasi halal, kualitas produk, dan minat beli terhadap keputusan pembelian (literatute review manajemen pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 660–669. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1128

Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32–46. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.526

Putra, Y. P., Purwanto, H., & Sulistiyowati, L. N. (2022). Kualitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening. MBR (Management and Business Review), 6(1), 69–80. https://doi.org/10.21067/mbr.v6i1.6952

Qudus, M. R. N., & Amelia, N. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Harga Pada Minat Beli Ulang Konsumen Restoran Ayam Bang Dava di Gegerkalong, Bandung. International Journal Administration, Business & Organization, 3(2), 20–30.

Raga, H. E., Agung, A. A. P., & Nita, N. P. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Produk Kuliner Tegal Dadong. 2(2).

Rahmawati, J. H., & Ahsan, M. (2021). Demam Korea: Minat Beli Terhadap Produk Kecantikan Korea (K-Beauty). Jurnal Ilmu Manajemen, 9(4), 1516–1528. https://doi.org/10.26740/jim.v9n4.p1516-1528

Rhokim, A. N., Setiawati, I., & Gultom, H. C. (2024). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening di UMKM Kacang Kulit Cap AS. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(4), 233–243.

Sari, D. C. (2023). The Effect Of Brand Image, Product Quality, Price, and Promotion On The Purchase Decision Of Indomie Noodles In Pekanbaru (Case Study On Pelita Indonesia Students Pekanbaru). Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(1), 92–103.

Songgigilan, C., Tampi, J. R. E., & Walangitan, O. F. C. (2023). Pengaruh Brand Image dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Kenangan di Kawasan Mega Mall. 4(1).

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Wijaksono, W., Santoso, A., & Pristi, E. D. (2022). Analisis Pengaruh Keragaman Produk, Gaya Hidup dan Ewom terhadap Minat Beli Konsumen pada Kedai Gusti Ponorogo. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 5(2), 63–75. https://doi.org/10.15642/manova.v5i2.861

Downloads

Published

2025-06-09

How to Cite

Fahmi Dina Maulani, Defa Mahkomah Putri, Fatika Fitri Nur Hidayah, & Marjam Desma Rahadhini. (2025). PENGARUH BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI: Survei Pada Konsumen McDonald’s Di Surakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 5(1), 367–376. https://doi.org/10.55606/jurimea.v5i1.1146

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.