ANALISIS TREND DAN DETERMINAN SWASEMBADA BERAS

Authors

  • Lendi Ageng Kurnia Dinas Pertanian, Perikanan dan Pangan Kabupaten Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/sinov.v2i2.88

Keywords:

swasembada beras , kemandirian pangan

Abstract

Penelitian terdahulu banyak mengulas determinan swasembada beras dari sisi input internal maupun eksternal. Dalam penelitian ini kesenjangan harga gabah terhadap beras dan kesejahteraan petani diperhitungkan sebagai variabel penelitian.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peramalan/ trend swasembada beras dalam menopang ketahanan pangan di masa depan serta mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh terhadap pencapaian swasembada beras.

Penelitian ini menggunakan metode trend analisis dan regresi linier berganda Lead Square (LS) dengan menunjukkan hasil bahwa trend kemampuan swasembada beras dengan bertumpu produksi domestik dalam mendukung kemandirian pangan di masa depan adalah positif artinya nilai kecenderungan swasembada beras meningkat sejalan dengan meningkatnya waktu. Variabel yang berpengaruh terhadap swasembada beras secara signifikan adalah pasokan beras, produktivitas beras, dukungan pemerintah, kesejahteraan petani dan dummy (masa Orde Baru dan Reformasi). Sedangkan variabel yang tidak signikan adalah tingkat konsumsi beras.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-01

How to Cite

Lendi Ageng Kurnia. (2019). ANALISIS TREND DAN DETERMINAN SWASEMBADA BERAS. Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang, 1(2), 130–141. https://doi.org/10.55606/sinov.v2i2.88

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.