Mouse Tracking Tangan dengan Klasifikasi Gestur Menggunakan OpenCV dan Mediapipe

Authors

  • Amanda Muchsin Chalik STIMIK ESQ JAKARTA
  • Bilal Abdul Qowy STIMIK ESQ JAKARTA
  • Faiz Hanafi STIMIK ESQ JAKARTA
  • Ahlijati Nuraminah STIMIK ESQ JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.55606/juitik.v1i2.323

Keywords:

Python , OpenCV, Hand Gesture, Mediapipe, MouseTracking.

Abstract

Pengenalan gerakan tangan manusia merupakan bidang yang banyak diteliti saat ini, karena pendeteksian dan pengenalan gerakan tangan memiliki potensi besar untuk digunakan sebagai cara berinteraksi kepada komputer dan mengendalikannya di masa depan. Pergerakan tangan sangatlah berguna untuk saat ini, karena serangan covid – 19 yang terus melanda dunia , mengharuskan kita untuk tidak menyentuh banyak peralatan yang ada di tempat umum , dan mengharuskan kita untuk tidak berkontak langsung dengan benda ataupun dengan manusia di sekitar kita. Penelitian kali ini menggunakan package  dari bahasa pemrograman python yaitu OpenCV dan mediapipe. OpenCV diperlukan untuk memunculkan visual pada program Python, dan mediapipe merupakan sebuah framework untuk membangun sebuah multimodal platform seperti video , audio atau data berjalan lainnya.

 

 

References

Fadli,Feri dan Munawir. 2019. Kontrol Mouse Menggunakan Webcam Berdasarkan Deteksi Warna. Aceh

Sunyoto, Andi dan Agus Harjoko. 2004.Review Teknik, Teknologi, Metodologi dan Implementasi Pengenalan Gestur Tangan Berbasis Visi. Yogyakarta.

Makahaube, Stella Stelani, Alwin Melkie Sambul dan Sherwin RU Sompie. (2021).Implementation of Gesture Recognition Technology for Automated Education Service Kiosk.Manado.

Varun, Kollipara Sai, I. Puneeth, dan Prem Jacob. 2011. Virtual Mouse Implementation using Open CV. India.

Yunita,Helda dan Endang Setyati. 2019. Hand Gesture Recognition Sebagai Pengganti Mouse Komputer Menggunakan Kamera. Banjarmasin.

Downloads

Published

2021-07-26

How to Cite

Amanda Muchsin Chalik, Bilal Abdul Qowy, Faiz Hanafi, & Ahlijati Nuraminah. (2021). Mouse Tracking Tangan dengan Klasifikasi Gestur Menggunakan OpenCV dan Mediapipe. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 1(2), 10–18. https://doi.org/10.55606/juitik.v1i2.323