STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN WISATA PANTAI KOLO DI KELURAHAN KOLO KECEMATAN ASAKOTA KOTA BIMA

Authors

  • Rahmi Rahmi STISIP Mbojo Bima
  • Firdaus Firdaus STISIP Mbojo Bima
  • Yayu Rahmawati Mayangsari STISIP Mbojo Bima

DOI:

https://doi.org/10.55606/juitik.v2i1.236

Keywords:

Strategi, Komunikasi, Pariwisata, Pengembangan, Pantai, Kolo.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dinas pariwisata dalam pengembangan wisata pantai kolo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi adalah kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota bima. Penelitian ini berlangsung selama dua bulan. Informan dalam penelitian ini adalah pegawai pada kantor Dinas Pariwisata Kota Bima. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu Obsevasi, Wawancara dan Dukomentasi. Teknis penentuan sumber data dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang merupakan pengambilan sampel berdasarkan tujuan penelitian. Tehnik analisis data reduksi data adalah bentuk analisis yang menajamkan, menggolongkan, mengarahkan, membuang yang tidak perlu dan mengorganisasi data sedemikian rupa sehingga kesimpulan akhir dapat diverivikasi. Tehnik penyajian data, penyajian data kualitatif dapat berupa teks naratis berbentuk catatan lapangan, matriks, grafik, jaringan dan bagan. Bentuk-bentuk ini mengabungkan informasi yang tersusun dalam suatu bentuk yang padu dan mudah di raih, sehingga memudahkan untuk melihat apa yang sedanag terjadi, apakah kesimpulan sudah tepat atau sebaliknya melakukan analisis kembali. Kesimpulan banyak strategi komunikasi yang dilakukan oleh dinas pariwisata Kota Bima dalam pengembangan wisata pantai kolo. Strategi-strategi itu dianggap sangat efektif dalam memperkenalkan kolo sebagai salah satu pariwisata unggulan yang ada di kota Bima ini. Namun dalam suatu strategi komunikasi dalam pengembangan wisata pantai Kolo ada empat poin utama yang harus digunakan Dinas Pariwisata yaitu: Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place) dan Promosi (Promotion).

References

Effendy, Onong Uchjana 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

E Kennedy, John. Dermawan Soemanagara. Marketing Communication; Taktik Dan Strategi, Jakarta: Bhuana Ilmu Popular, 2006.

Gitosumardono, Indriyo. 2000 . Manajemen pemasaran. Edisi II. Yogyakarta: BPFE

Kennedy, J.E., dan Soemanagara, R.D., 2006. Marketing Communication - Taktik dan Strategi. Jakarta: Buana Ilmu Populer.

Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar.Cetakan ke18.Bandung:PT.Remaja Rosdakarya,2014

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Shimp, A.T., 2003. Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2022-03-25

How to Cite

Rahmi Rahmi, Firdaus Firdaus, & Yayu Rahmawati Mayangsari. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN WISATA PANTAI KOLO DI KELURAHAN KOLO KECEMATAN ASAKOTA KOTA BIMA. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 2(1), 54–70. https://doi.org/10.55606/juitik.v2i1.236

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.