PERSONAL INFORMATION MANAGEMENT (PIM) PENGURUS BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM) UNIVERSITAS DI PEKANBARU

Authors

  • Dimas Pangestu Universitas Lancang Kuning
  • Rosman Universitas Lancang Kuning
  • Rismayeti Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.55606/juisik.v2i3.361

Keywords:

Informasi, Personal Information Management (PIM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana personal Information Management yang diterapkan pada Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas di Pekanbaru dalam memperoleh, menyimpan, dan mengelolah informasi yang mereka dapatkan dalam pelaksanaan fungsi BEM di masyarakat, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi personal Information (PIM) pada Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) universitas di Pekanbaru dinilai telah dilaksanakan dengan baik. Dengan presentasi penerapan per indikator tertinggi terjadi pada indikator aktivitas Meta-level, sedangkan yang terendah terjadi pada aktivitas menyimpan informasi.

 

References

Dudung, "Pemuda Agen Of Change," Artikel Islami, 2010.

I. Fourie, "Personal information management (PIM), reference management and mind maps – the way to creative librarian," Library Hi Tech, 2011.

Jones, W, Dinneen, J.D, Capra, R, Diekema, A. R and Pérez-Quiñones, M. A, "Personal Information Management. In Levine-Clark, M., &," Encyclopedia of Library and Information Science, Fourth Edition, 2017.

A. N. Shafira, "Implementasi Personal Information Management (PIM) Mahasiswa Tingkat Akhir Pada Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi.," Skripsi Program Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi UPI, 2020.

A. D. R. Lina, "Personal InformatIon Management (PIM) pada Dosen Peneliti Desentralisasi Tahun 2013 Universitas Airlangga Surabaya," Universitas Airlangga Surabaya, 2013.

N. Adelia, "Analisis Manajemen Informasi Pribadi (Personal Information Management) pada Pustakawan Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya," FISIP-UNAIR, 2013.

Y. Y. P. Mutia Larasati, "Personal Information Management dan Perilaku Mahasiswa Universitas Diponegoro dalam Memanfaatkan Bookmark Manager," Pustakaloka: Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Volume 12 No.2, 2020.

Alhamdi, Melawan Arus, Yogyakarta: CV. Langit Aksara, 2006.

Malone, How Do People Organize Their Desk? Implications for the Design of Office Information System, ACM Trans, 1983.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016.

W. Jones, Personal Information Management, Seattle and London: University of Washington Press, 2008.

A. D. R. Lina, "personal information management (pim) pada dosen peneliti desentralisasi tahun 2013 universitas airlangga surabaya," repository unair, 2014.

N. Nur, "perilaku mengelola informasi pribadi (personal information management) tentang hobi di kalangansiswa sma)," mahasiswa ilmu informasi dan perpustakaan, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas airlangga, 2019.

Downloads

Published

2023-01-20

How to Cite

Dimas Pangestu, Rosman, & Rismayeti. (2023). PERSONAL INFORMATION MANAGEMENT (PIM) PENGURUS BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM) UNIVERSITAS DI PEKANBARU. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(3), 117–138. https://doi.org/10.55606/juisik.v2i3.361

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.