MENGHITUNG RUTE DARI PERUMAHAN PURI CINERE MENUJU RUMAH SAKIT TERDEKAT MENGGUNAKAN ALGORITMA A*

Authors

  • Avrijsto Amandri Ahyar STIMIK ESQ Jakarta
  • M Bakhara Alif STIMIK ESQ Jakarta
  • Muthiah Afifah STIMIK ESQ Jakarta
  • Mutiara Persada Pulungan STIMIK ESQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/juisik.v1i1.315

Keywords:

Rute Terpendek, Path Finding, Algoritma A*, Heuristik.

Abstract

Banyak metode yang bisa dicoba buat mencari pencarian rute dalam sesuatu ekspedisi mengarah ke tempat tujuan, antara lain dengan memakai peta manual ataupun maupun peta digital. Pencarian rute terpendek dari perumahan Puri Cinere mengarah Rumah sakit terdekat bisa ditempuh dengan sebagian. Rute untuk bisa menuntaskan kasus pencarian rute terpendek, bisa digunakan sesuatu algoritma A*(A Star). Algoritma A* ialah salah satu algoritma path finding yang universal digunakan. Dalam menciptakan rute yang disebutkan diatas bisa memakai perhitungan algoritma A* serta tata cara Heuristik.

 

References

Akbar Juang Saputra. Penerapan Algoritma A* pada Google Map. Jurnal Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung.

Aniket Chanda, Rutika Bodhale, Raveena Burad. 2016. Optimal shortest path using HAS, A star and Dijkstra algorithm. Journal Department of Computer Engineering, K.K.Wagh Institute of Engineering Education.& Research, Savitribai Phule Pune University.

Eric A. Hansen, Shlomo Zilbersteinb. LAO*: A heuristic search algorithm that finds solutions with loops. Journal Computer Science Department, Mississippi State University, Mississippi State, MS 39762, USA.

Karishma Talan, G R Bamnote. Shortest Path Finding Using a Star Algorithm and Minimum Weight Node First Principle. Journal PG Student, Dept. of CSE, Prof. Ram Meghe Institute of Technology and Research Badnera, Maharashtra, India. S

Pramono Andy. 2015. Algoritma Pathfinding A* pada Game RPG Tanaman Higienis. Jurnal Edukasi dan penelitian Informatika. (JEPIN) Vol. 1, No. 2.

Rakhmat Kurniawan. R., ST, M.Kom, Yusuf Ramadhan Nasution, M.Kom. Penerapan Algoritma A* (A Star) Sebagai Solusi Pencarian Rute Terpendek Pada Maze. Jurnal Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Reddy, H., 2013. Path Finding-Dijkstra’s and A* Algorithm’s. [Online] Available at: http://cs.indstate.edu/hgopireddy/newalg.html [Diakses pada 25 Desember 2017]. Suyanto, 2014. Artificial Intelligence: Searching, Reasoning, Planning, Learning. 2nd ed. Bandung: Informatika Veronica Mutiana, Fitria Amastini, Noviana Mutiara. Optimasi Pencarian Jalur dengan Metode A-Star Studi Kasus: Area Gading Serpong, Tangerang. Jurnal Teknik Informatika, Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Indonesia

Downloads

Published

2021-03-24

How to Cite

Avrijsto Amandri Ahyar, M Bakhara Alif, Muthiah Afifah, & Mutiara Persada Pulungan. (2021). MENGHITUNG RUTE DARI PERUMAHAN PURI CINERE MENUJU RUMAH SAKIT TERDEKAT MENGGUNAKAN ALGORITMA A*. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.55606/juisik.v1i1.315

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.