PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI

Authors

  • Samuel Bagus Kristiawan Universitas Slamet Riyadi
  • Aris Eddy Sarwono Universitas Slamet Riyadi

Keywords:

advertising, consumer behavior, influencer, personal finance, social media

Abstract

Abstract. This study examines the influence of social media on student consumer behavior in managing personal finances. It aims to identify the role of advertising exposure, influencers, and social interaction in shaping consumption decisions. Using a quantitative survey approach with 100 students in Surakarta, the findings suggest that social media significantly affects spending behavior and financial management.

References

Aminartha, D. S. A., Syah, F., & Ariyani, A. R. (2023). Pengaruh media sosial dan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Parepare.

Anggraeni, S. D. A., & Hastuti, M. A. S. W. (2023). Pengaruh media sosial Instagram dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung.

Azizah, F. N., & Andriansyah, E. H. (2024). Pengaruh kemampuan literasi digital dan media sosial Instagram terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di Kota Surabaya.

Hiriyanti, H., & Nugraha, J. A. (2024). Pengaruh media sosial, konformitas teman sebaya dan lifestyle terhadap berperilaku konsumtif pada mahasiswa Institut Agama Islam Tasikmalaya.

Ishomi, M. D., & Sulistyowati, R. (2024). Pengaruh konten media sosial dan persepsi harga terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa UNESA.

Nuro’im, A., & Anasrulloh, M. (2023). Pengaruh gaya hidup hedonis dan media sosial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Semester IV, VI dan VIII Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung Tahun Akademik 2022/2023.

Sari, L. N. E., & Anasrulloh, M. (2023). Pengaruh media sosial Instagram dan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Bhinneka PGRI.

Tamima, A., Tumangger, M. A. P., & Lestari, D. (2023). Pengaruh media sosial dan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa: Studi kasus mahasiswa FEBI UINSU.

Wulandari, H. D., & Nurfalah, R. (2023). Pengaruh Instagram sebagai media online shopping terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Pamulang.

Khan, M. A., & Sulaiman, S. (2021). Social Media Marketing and Its Impact on Youth Buying Behavior. Journal of Marketing Trends, 8(3), 112–120.

Hatimatunnisa, A., Pramudyo, B., & Santoso, R. D. (2024). Pengaruh FOMO dan Interaksi Sosial terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Media Sosial. Jurnal Ilmu Sosial Digital, 6(1), 45–58.

Ajzen, I. (2020). The theory of planned behavior: Frequently asked questions. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(4), 314–324.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Samuel Bagus Kristiawan, & Aris Eddy Sarwono. (2025). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 5(2), 261–269. Retrieved from https://journal.sinov.id/index.php/sinoveka/article/view/959

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.