LAYANAN JASA DAN STRATEGI PEMBIAYAAN PADA MASA PANDEMI COVID DI PT. PEGADAIAN SYARIAH CABANG JAMBI

Authors

  • Addiarrahman
  • Agustina UIN Sulthan Thaha Saifuddin

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurimea.v3i2.264

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Layanan Jasa pada masa pandemi dan Strategi Pembiayaan yang dilakukan di PT. Pegadaian Syariah Cabang Jambi. Sebagaimana tujuan diantaranya adalah keadaan Pelayanan Jasa pada masa pandemi dan juga Strategi Pembiayaan di PT. Pegadaian Syariah Cabang Jambi. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan penarikan kesimpulan sebagai berikut : 1) Dalam pelayanan yang dilakukan di masa Covid di PT. Pegadaian Syariah Cabang Jambi, yaitu : a)Pelayanan sedikit ada perubahan baik dari dalam outlet maupun diluar outlet demi mencegah penularan covid-19. b)Yang biasanya bisa bertatap muka langsung terhadap nasabah dan pada masa covid terpaksa disekat atau online. c)Pelayanan PT. Pegadaian syariah juga dilihat dari perubahan pegawai yang biasanya bekerja langsung dikantor dan ada juga yang berkerja WFH (Work From Home. 2) Dalam strategi pembiayaan yang dilakukan PT. Pegadaian Syariah Cabang Jambi pada masa pandemi adalah sebagai berikut: a)Memperbaruhi cara bisnis penjualan yang tadi nya bisa kurang sekarang lebih banyak dimedsos maupun aplikasi digital. b)Memberikan diskon untuk nasabah pembelian emas maupun pengunaan produk tertentu dipegadaian syariah. c)Untuk yang mikro pada masa pandemi ada pelonggaran bagi usaha nasabah yang terdampak dengan cara memberikan subsisdi UMKM dari pemerintah. d)PT.Pegadaian syariah cabang jambi melakukan sosialisasi untuk mendorong nasabah dalam menggunakan pegadaian digital sehingga bisa bertransaksi dirumah

References

Buku

Agus Waluyo, “Virus Corona Selama 6 Bulan Membuat Daya Beli Masyarakat Menurrun”, Merdeka.com, 2020.

Alvira Prastuti Kurnia Domili, Dampak Covid-19 Terhadap Gadai Emas. Manado Kairagi. 2021.

Aggun Salsabilla, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pengguna Layanan Jasa Pegadaian Syariah” Simpang Benteng Panyukumbuh, 2021

Ifan Noor Adham, Perbandingan Hukum Gadai di Indonesia. Jakarta : Tatanusa, 2009.

Lexy J. Meleong, Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung PT. Remaja Rosdakarya, 2008.

Ma’ruf Amin, Mengatasi Masalah Dengan Pegadaian Syariah. Jakarta : Renaisan, 2005.

Mardani, Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah DI Indonesia, 2005.

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, Jakarta : Erlangga, 1997.

Sasli Rais, Pegadaian Syariah Konsep dan Sistem Operasional : Suatu Kajian Kontemporer, Jakarta: UI Press, 2005.

Jurnal

Maria Ulfa KN,“ Analisis kewenangan Gadai Syariah Menurut Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 31/Pojk.05/2016 Tentang Usaha Pegadaian, “ : Az Zarqa’, Vol. 11, No.2 hlm. 448. Desember 2019.

Rahmat Yuliansyah “Analisis Sistem Akutansi Pemberian Kredit Gadai” : Jurnal Akuntansi dan Manajemen, Vol. 14, No. 2, hlm 89. Oktober 2018.

Masito dkk, “Strategi Pemasaran Produk Arrum BPKB Pada Pegadaian Syariah CPS Margonda” : Jurnal Ekonomi dan Perkan Syariah, Vol.6, No.2 hlm 70. (2018).

Budi Gautama Siregar, Dana Pihak Ketiga Pada Perbankan Syariah Di Indonesia, Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (Jensi), Volume 5 Nomor 2 hlm 113. (2021).

Abdul Nasser, I.S. (2021) ‘The Effect Of Mudharabah Financing and Musyarakah Financing On Operational Revenue Of Sharia People Financing Bank (BPRS IN Indonesia 2014- 2018 Period)’, Jurnal Of Sharia Banking, 2. hlm.12

Novriansyah,“Peran Pembiayaan Produk Arrum BPKB PT. Pegadaian Syariah Dalam Mengembangkan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Surabaya”, dalam Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, vol.6 No.8, hlm 1722. Agustus 2019.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Addiarrahman, & Agustina. (2023). LAYANAN JASA DAN STRATEGI PEMBIAYAAN PADA MASA PANDEMI COVID DI PT. PEGADAIAN SYARIAH CABANG JAMBI. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 3(2), 193–200. https://doi.org/10.55606/jurimea.v3i2.264