PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEKS

Authors

  • Indanaviah Syalsyabilah UIN STS JAMBI
  • Habriyanto UIN Sulthan Thaha Saifuddin
  • Efni Anita UIN Sulthan Thaha Saifuddin

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurimea.v2i2.134

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh Profitabilitas terhadap pengungkapan ICSR pada perusahaan yang terdaftar di JII periode 2017-2020. Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu Profitabilitas.Variabel dependennya adalah pengungkapan ICSR. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data sekunder yaitu laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di JII. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Return on Asset (ROA) memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap pengungkapan Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) pada perusahaan yang terdaftar di JII periode 2017 hingga 2020. Return on Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) pada perusahaan yang terdaftar di JII periode 2017 hingga 2020.

Kata Kunci: Pengungkapan Islamic Corporate Social Responsibility, Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM), Jakarta Islamic Indeks.

References

Agung Hendratmoko dan Abdul Muid “Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Pengungkapan Icsr Lembaga Keuangan Syariah Di Indonesia” DIPONEGORO JOURNAL OF ACCOUNTING Volume 6, Nomor 4, Tahun 2017, Halaman 1-10 http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting ISSN (Online): 2337-3806

Djakfar, Muhammad (2007) Etika bisnis dalam perspektif Islam. UIN-Maliki Press, Malang.

Ferdiansyah “Profitabilitas Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility,” Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi, Volume IX No. 2 / November / 2017

Johan Arifin and Eke Ayu Wardani, “Islamic corporat social responsibility disclosure, reputasi, dan kinerja keuangan: Studi pada bank syariah di Indonesia,” Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia 20, no. 1 (June 1, 2016): 38–46

Michael Marvin Wetik, “Pengaruh Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Corpoarate Social Responsibility Studi Empiris Pada Perusahaan Kimia Dan Farmasi Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Pada Tahun 2011-2015” Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Nadhifah, M., & Agustina, R. (2019). Pengaruh Net Profit Margin dan Current Ratio terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Plastik dan Logam. Journal of Finance and Accounting Studies Volume 1 Nomor 1, Pebruari 2019, 63-76.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Cetakan keempat, Alfabeta, Bandung.

Suksestiyarno. Statistika Dasar. Yogyakarta: Andi Offset, 2014.

Thahirah, K. A., Nini, Raflis, R., & Rahmi, H. (2016). Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Responsibility Terhadap Kinerja Perbankan Syariah di Indonesia. Menara Ilmu, 10(73), 71–79

Wind, Ajeng. “Jurus kilat membuat laporan keuangan PT, CV, Persero”. Jakarta: Dunia Cerdas, 2014.

Downloads

Published

2022-05-25

How to Cite

Indanaviah Syalsyabilah, Habriyanto, & Efni Anita. (2022). PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEKS. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.55606/jurimea.v2i2.134