Pengaruh Keamanan, Ewom Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Lazada Di Kota Batam

Authors

  • Dame Natalia Ambarita Universitas Putera Batam
  • Hikmah Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurimea.v5i3.1196

Keywords:

Ewom, Keamanan, Kemudahan Penggunaan, Keputusan Pembelian

Abstract

Kemajuan teknologi informasi di era digital telah mengubah secara signifikan cara perusahaan berinteraksi dengan konsumen, terutama melalui platform digital dan e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keamanan, ewom, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian pada Lazada di Kota Batam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh pengguna Lazada di Batam, dengan jumlah yang tidak diketahui secara pasti. Teknik penentuan besar sampel menggunakan rumus Jacob Cohen yang menghasilkan 204 responden dengan teknik purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini akan mencakup uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji pengaruh untuk menguji pengaruh variabel yang dikaji. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial, keamanan berpengaruh dengan positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Ewom memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, kemudahan penggunaan juga dapat terbukti secara parsial berpengaruh positif dan signifikan. Melalui uji F, ditemukan bahwa keamanan, ewom, dan kemudahan penggunaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Lazada Kota Batam.

References

Adhiyani, T. N., & Sitorus, D. H. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, E-WOM, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Transportasi Online Maxim Di Kota Batam. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(2), 326–334.

Azhar, A. A., & Wage, S. (2024). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Keamanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Grab Di Kota Batam. JEMI, 24(2), 1–13.

Badir, M., & Andjarwati, A. L. (2020). The Effect of E-WOM, Ease of Use and Trust on Purchase Decisions (Study on Tokopedia Application Users). Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 7(1), 39. https://doi.org/10.24252/minds.v7i1.13715

Bayuaji, L. A. P., & Haryanti, D. S. (2022). Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Online Shopee. E-Jurnal Manajemen Trisakti School of Management (TSM), 2(3), 79–90.

Fadhillah, N. A., & Manggabarani, A. S. (2024). Pengaruh Kepercayaan Merek, Keamanan dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Ibu Rumah Tangga Di Dki Jakarta). Ikraith-Ekonomika, 7(1), 13–24. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v7i1.3276

Fatmawati, I., Abiyyu Fathin, A., & Jaroenwanit, P. (2023). Understanding How Customers Shape Purchase Decisions In The E-Commerce Marketplace. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 15(2), 229–254. https://doi.org/10.26740/bisma.v15n2.p229-254

Hartono, C., Silintowe, Y. B. R., & Huruta, A. D. (2021). The Ease Of Transaction And E-Service Quality Of E-Commerce Platform On Online Purchasing Decision. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 13(2), 81. https://doi.org/10.26740/bisma.v13n2.p81-93

Husda, N. E., & Nuramaliafitrah. (2022). Factors Affecting Decisions To Choose Application Based Transportation. Jurnal Manajemen Indonesia, 20(2), 140. https://doi.org/10.25124/jmi.v20i2.3202

Karinina, S. T., & Rustam, T. A. (2023). Pengaruh Promosi, Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Lazada (Studi Kasus Di Tiban Indah). ECo-Buss, 5(3), 831–843. https://doi.org/10.32877/eb.v5i3.618

Mulyani, S. (2025). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan, Dan Kemudahan, Terhadap Keputusan Pembelian Pada E- Commerce Shopee. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya, 4(1), 45–72.

Primadineska, R. W., & Jannah, S. M. (2021). Perceived Security and Trust in Electronic Payment Systems: How They Affect the Decision to Use EPS During the COVID-19 Pandemic. Jurnal Manajemen Bisnis, 12(2). https://doi.org/10.18196/mb.v12i2.11456

Purba, F. R., & Paramita, E. L. (2021). The Influence of eWOM and Customer Satisfaction on Purchasing Decisions. International Journal of Social Science and Business, 5(4), 578. https://doi.org/10.23887/ijssb.v5i4.40447

Putri, C. N., & Fauzi, T. H. (2023). The Effect of E-WOM and Brand Image on Purchasing Decisions of Automotive Products: Mediating Role of Brand Trust. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 9(3), 843–854. https://doi.org/10.17358/jabm.9.3.843

Sembiring, S., & Suhardi. (2024). Pengaruh Kepercayaan , Promosi dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Pembelian pada Grabfood di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Feasible: Bisnis, Kewirausahaan & Koperasi, 6(1), 37–50.

Sindiah, S., & Rustam, T. A. (2023). Pengaruh Keamanan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Pada Facebook. ECo-Buss, 6(1), 42–52. https://doi.org/10.32877/eb.v6i1.624

Suryana, P. (2022). The Effect Of Security, Easy Of Transaction On Purchase Decisions at JD.ID. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajeme, 15(1), 12–16.

Downloads

Published

2025-11-23

How to Cite

Dame Natalia Ambarita, & Hikmah. (2025). Pengaruh Keamanan, Ewom Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Lazada Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 5(3), 288–302. https://doi.org/10.55606/jurimea.v5i3.1196