KAJIAN IMPLEMENTASI REFORMASI BIROKRASI PADA BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH KABUPATEN SEMARANG

Authors

  • Juni Ambarwati Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Semarang
  • Lyra Bumantara Syarif Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Semarang
  • Aru Hadi Eka Sayoga Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/sinov.v4i2.338

Keywords:

Evaluasi, Pembangunan Daerah, RKPD/RPJMD.

Abstract

Reformasi Birokrasi pada dasarnya merupakan perubahan birokrasi menuju ke arah kemajuan yang mencakup perubahan pada struktur, karakteristik organisasi serta kapasitas anggota yang masuk dalam struktur birokrasi. Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Barenlitbangda) Kabupaten Semarang telah merintis pelaksanaan reformasi birokrasi sejak Tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi reformasi birokrasi yang telah dilaksanakan di Barenlitbangda Kabupaten Semarang dengan mengacu pada amanat ketentuan regulasi yang berlaku serta untuk mengetahui dampak yang dirasakan oleh para pegawai dengan adanya implementasi reformasi birokrasi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa implementasi reformasi birokrasi yang selama ini dilaksanakan di instansi Barenlitbangda Kabupaten Semarang telah berjalan dengan baik, tetapi belum berdampak signifikan bagi SDM aparatur. Dalam hal ini proses reformasi birokrasi belum dapat mendukung secara seimbang terhadap kebutuhan aparatur, baik pengembangan pribadi maupun kesejahteraannya. Hal ini perlu mendapat perhatian karena sangat penting untuk dapat menjaga eksistensi dan keberlanjutan implementasi reformasi birokrasi pada Barenlitbangda Kabupaten Semarang di kemudian hari. Oleh sebab itu dapat direkomendasikan sejumlah saran yang sebaiknya ditempuh oleh Barenlitbangda Kabupaten Semarang untuk menjawab permasalahan tersebut, yaitu: (1) Menumbuh kembangkan motivasi yang kuat bagi segenap jajaran aparatur untuk mendukung implementasi reformasi birokrasi pada Barenlitbangda Kabupaten Semarang secara paripurna; dan (2) Mengembangkan sistem budaya kerja aparatur yang selaras dengan proses bisnis organisasi pada Barenlitbangda Kabupaten Semarang secara bertahap dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alrasyid, M. Harun. 2007. “Reformasi Birokrasi”. Jurnal Madani Edisi I.

Arthur J. B. (1994). Effects of human resource systems on manufacturing performance and turnover. Academy of Management Journal, 4, 670–687. doi: 10.2307/256705.

Chaigneau, T., Coulthard, S., Daw, T. M., Szaboova, L., Camfield, L., Chapin, F. S., & Brown, K. (2022). Reconciling well-being and resilience for sustainable development. Nature Sustainability, 5(4), 287-293.

Curry, A. (1999). Innovation in public service management. Managing Service Quality: An International Journal.

Kurniawan, W. & Dt. Maani, K. (2019). Implementasi Kebijakan Pembangunan Infrastruktur Jalan di Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin dengan Menggunakan Model Donald Van Metter dan Carl Van Horn. Jurnal Mahasiwa Ilmu Administrasi Publik (JMIAP) Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang, Volume 1 (4), Hal. 67-78.http://jmiap.ppj.unp.ac.id

Le, B. M., Chopik, W. J., Shimshock, C. J., & Chee, P. X. (2022). When the truth helps and when it hurts: How honesty shapes well-being. Current Opinion in Psychology, 101397.

Maslow, A. H. (1958). A Dynamic Theory of Human Motivation. In C. L. Stacey & M. DeMartino (Eds.), Understanding human motivation (pp. 26–47). Howard Allen Publishers. https://doi.org/10.1037/11305-004.

Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat, 41.

Michael, T. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Surabaya: CV. RA De. Rozarie.

Osborne, S. P., & Brown, K. (2012). Managing change and innovation in public service organizations. Routledge.

Pratama, A. B. (2019). The landscape of public service innovation in Indonesia: A comprehensive analysis of its characteristic and trend. Innovation & Management Review, 17(1), 25-40.

Sedamayanti, S. (2020). Reformasi Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Daerah. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik, 10(3), 87-107.

Wu, J., Luan, S., & Raihani, N. (2022). Reward, punishment, and prosocial behavior: Recent developments and implications. Current Opinion in Psychology, 44, 117-123.

Rahmawati, A. (2020). Implementasi Kebijakan Program Pengembangan Komoditas Pada Kawasan Strategi Kabupaten di Kabupaten Bone.

Subagio, Rahmat (2012). Analisis Penerapan Reformasi Birokrasi Pada Kantor Pelayanan Utama Bea Dan Cukai Tanjung Priok.

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025.

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Juni Ambarwati, Lyra Bumantara Syarif, & Aru Hadi Eka Sayoga. (2022). KAJIAN IMPLEMENTASI REFORMASI BIROKRASI PADA BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH KABUPATEN SEMARANG. Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang, 4(2), 70–79. https://doi.org/10.55606/sinov.v4i2.338

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.