ANALISIS PENGELOLAAN DANA ZAKAT TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT KOTA JAMBI (STUDI KASUS BAZNAS KOTA JAMBI)

Authors

  • Andika Zia Ulhak Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin
  • Tarmizi Tarmizi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin
  • Syahril Ahmad Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i3.565

Abstract

Indonesia adalah negara yang memiliki potensi ekonomi yang tinggi; potensi yang mulai diperhatikan Dunia Internasional. Indonesia - ekonomi terbesar di Asia Tenggara memiliki sejumlah karakteristik yang menempatkan Negara ini dalam posisi yang bagus untuk mengalami perkembangan ekonomi yang pesat. Secara umum, dapat dikatakan bahwa pengertian ekonomi adalah  sebuah bidang kajian ilmu yang berhubungan tentang pengurusan sumber daya material individu, masyarakat, dan Negara untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan manusia. Karena itulah, ekonomi merupakan salah satu ilmu yang berkaitan tentang tindakan dan perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang berkembang dengan sumber daya yang ada melalui kegiatan konsumsi, produksi dan distribusi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semua variabel dalam penelitian ini adalah reliabel. Semua variabel berdistribusi normal hal ini terbukti dengan pengujian menggunakan uji normalitas diketahui bahwa variabel pengelolaan dana zakat (X) dan variabel peningkatan ekonomi (Y) nilainya lebih besar dari 0,05 sehingga variabel tersebut berpengaruh signifikan. Berdasarkan uji t variabel pengelolaan dana zakat berpengaruh signifikan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. Semakin banyak pengelolaan dana zakat yang diberikan oleh Badan Amil Zakat Nasional untuk dikelola, maka semakin tinggi pendapatan dari peningkatan ekonomi sehingga peningkatan ekonomi juga akan semakin meningkat. Sedangkan besarnya analisis pengelolaan dana zakat terhadap peningkatan ekonomi berdasarkan hasil uji (R2) mempunyai pengaruh yang cukup besar yaitu sebesar 75,3%. Sedangkan sisanya sebesar 24,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian, pengelolaan dana zakat memiliki analisis terhadap peningkatan ekonomi.

References

Aan Nasrullah, “Analisis Potensi Industri Halal Bagi Pelaku Usaha di Indonesia” dalam E-Journal At-Tahzib: Jurnal Studi Islam dan Muamalah, VI (1):

- 78, Juni 2018, http:/ejournal.kopertais4.or.id.

Bayu Sutrisna Aria Sejati, “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks, “Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, vol. 5, No. 3, (Maret 2016).

Diwayana Putri Nasution, “Identifikasi Persepsi Perilaku Konsumen Tentang Produk Makanan Halal Di Kota Medan”. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik. 4(2) Juli 2018. 2527-2772

Ghina Kamilah, 2019 “Pengaruh Labelisasi Halal Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli, “Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen,

Majelis Ulama Indoenesia, Bagian proyek sarana dan prasarana produk halal, Direktorat Jendral BimbinganMasyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji, Tanya Jawab Seputar Produk Halal, (Jakarta; Departemen Agama RI, 2003), jurnal, pdf. Diakes 2-6-2017.

Munarka, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Dagang Sapi Potong Di Kota Polopo”. Jurnal Ekonomi Pembangunan. 2(1). 8-15, 2015.

Sri Ernawati, & Iwan Koerniawan. (2023). Pengaruh Label Halal Dan Kesadaran Halal Terhadap Minat Pembelian Konsumen Pada Produk Umkm Di Kota Bima. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 207-215.

Tri Widodo, “Pengaruh Labelisasi Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Indomie, “Skripsi (Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015).

Andreas Soeroso, Sosiologi 2 (t.t.p: Quadra, 2008). Badan Pusat Statistik 2021.

Burhanuddin, Pemikiran Hukum Perlindungan Konsumen dan Sertifikat Halal (Malang: UIN Maliki Press, 2011).

Danang Sunyoto, Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen (Yogyakarta: CAPS, 2012).

Husein Umar, Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008).

Imam Ghozali. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IMB SPSS 19.

Indriyo Gitosudarmo, 2014, Manajemen Pemasaran, Yogyakarta, BPFE Yogyakarta.

Koerniawan, I. (2020). Pengantar Akuntansi. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1-275.

Murti Sumarni, Manajemen Pemasaran Bank (Yogyakarta: Liberty Yogyakarta, 2011).

Nugroho J Setiadi, Perilaku Konsumen (Perspektif Kontemporer Pada Motif, tujuan, dan keinginan Konsumen) (Jakarta: Prenada Media Group, 2010).

Philip Kotler dan Gerry Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran (Erlangga Jakarta 2001).

Riduwan, M. Metode Dan Teknik Menyusun Tesis. (Alfabeta, Bandung, 2008).

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2020).

Sugito, Metodologi Penelitian Metode Percobaan dan Penulisan Karya Ilmiah.

Sutojo Siswanto.2009. Menejemen Pemasaran.PT.Dhamar Mulia Pustaka, Jakarta: Umar husen.

(Malang: UB Press, 2013).

Syofian Siregar, M.M. Metode Penelitian Kuantitatif. Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Edisi 1 cetakan 1. (Jakarta: Prenadamedia Group, 2013).

Yusuf Qardhawi, Halal dan Haram dalam Islam (Surakarta: Era Intermedia, 2007).

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Ulhak, A. Z. ., Tarmizi, T. ., & Ahmad, S. . (2023). ANALISIS PENGELOLAAN DANA ZAKAT TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT KOTA JAMBI (STUDI KASUS BAZNAS KOTA JAMBI). Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(3), 294–313. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i3.565