Pengaruh Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Daging Impor Di Toko Daging Abah Kenali Asam Bawah Kota Jambi

Authors

  • Yalip Yalip Universitas Islam Negeri Sultha Thaha Saifuddin
  • Titin Agustin Nengsih Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin
  • Nurfitri Martaliah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i3.563

Abstract

Dari hasil uji t variabel Labelisasi Halal (X1) dengan nilai t hitung 0,668 < nilai t tabel 1,661 (t tabel= t (α/2; n-k-1) = t (0,1;97) =1,661) dan nilai signifikan 0,205 < 0,1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Dari hasil uji tersebut dapat dinyatakan bahwa secara parsial Labelisasi Halal (X1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembeli (Y). Dan hasil uji t variabel Harga (X2) mempunyai nilai signifikan untuk Harga terhadap Y adalah dengan nilai t hitung 1,275 < nilai t tabel 1,661 (t tabel= t (α/2; n-k-1) = t (0,1;98) =1,661)  dan nilai signifikan 0,205 < 0,1. Dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak. Dari hasil uji tersebut dapat dinyatakan bahwa secara parsial Harga berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembeli. Dari hasil uji hipotesis f diketahui bahwa bahwa variabel Labelisasi Halal (X1) dan Harga (X2) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap variabel dependen (Keputusan Pembeli). Hal ini dibuktikan dengan menggunakan nilai f hitung > f tabel dimana 0,910 > 0,236 (f tabel=f (k; n.k) f (2; 98) = 2,36) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,1.

References

Aan Nasrullah, “Analisis Potensi Industri Halal Bagi Pelaku Usaha di Indonesia” dalam E-Journal At-Tahzib: Jurnal Studi Islam dan Muamalah, VI (1):

- 78, Juni 2018, http:/ejournal.kopertais4.or.id.

Bayu Sutrisna Aria Sejati, “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks, “Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, vol. 5, No. 3, (Maret 2016).

Diwayana Putri Nasution, “Identifikasi Persepsi Perilaku Konsumen Tentang Produk Makanan Halal Di Kota Medan”. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik. 4(2) Juli 2018. 2527-2772

Ghina Kamilah, 2019 “Pengaruh Labelisasi Halal Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli, “Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen,

Majelis Ulama Indoenesia, Bagian proyek sarana dan prasarana produk halal, Direktorat Jendral BimbinganMasyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji, Tanya Jawab Seputar Produk Halal, (Jakarta; Departemen Agama RI, 2003), jurnal, pdf. Diakes 2-6-2017.

Koerniawan, I., Samiha, Y. T., Fatimah, C. E. A., Terminanto, A. A., & Irviani, R. (2020). Understanding Micro Small Medium Enterprise in Indonesia. European Journal of Molecular & Clinical Medicine, 7(02), 1191-1203.

Munarka, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Dagang Sapi Potong Di Kota Polopo”. Jurnal Ekonomi Pembangunan. 2(1). 8-15, 2015.

Sri Ernawati, & Iwan Koerniawan. (2023). Pengaruh Label Halal Dan Kesadaran Halal Terhadap Minat Pembelian Konsumen Pada Produk Umkm Di Kota Bima. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 207-215.

Tri Widodo, “Pengaruh Labelisasi Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Indomie, “Skripsi (Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015).

Andreas Soeroso, Sosiologi 2 (t.t.p: Quadra, 2008).

Badan Pusat Statistik 2021.

Burhanuddin, Pemikiran Hukum Perlindungan Konsumen dan Sertifikat Halal

(Malang: UIN Maliki Press, 2011).

Danang Sunyoto, Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen

(Yogyakarta: CAPS, 2012).

Husein Umar, Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008).

Imam Ghozali. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IMB SPSS 19.

Indriyo Gitosudarmo, 2014, Manajemen Pemasaran, Yogyakarta, BPFE Yogyakarta.

Koerniawan, I. (2020). Pengantar Akuntansi. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1-275.

Murti Sumarni, Manajemen Pemasaran Bank (Yogyakarta: Liberty Yogyakarta, 2011).

Nugroho J Setiadi, Perilaku Konsumen (Perspektif Kontemporer Pada Motif, tujuan, dan keinginan Konsumen) (Jakarta: Prenada Media Group, 2010).

Philip Kotler dan Gerry Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran (Erlangga Jakarta 2001).

Riduwan, M. Metode Dan Teknik Menyusun Tesis. (Alfabeta, Bandung, 2008).

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2020).

Sugito, Metodologi Penelitian Metode Percobaan dan Penulisan Karya Ilmiah.

Sutojo Siswanto.2009. Menejemen Pemasaran.PT.Dhamar Mulia Pustaka, Jakarta: Umar husen.

(Malang: UB Press, 2013).

Syofian Siregar, M.M. Metode Penelitian Kuantitatif. Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Edisi 1 cetakan 1. (Jakarta: Prenadamedia Group, 2013).

Yusuf Qardhawi, Halal dan Haram dalam Islam (Surakarta: Era Intermedia, 2007).

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Yalip, Y. ., Nengsih, T. A. ., & Martaliah, N. . (2023). Pengaruh Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Daging Impor Di Toko Daging Abah Kenali Asam Bawah Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(3), 332–346. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i3.563